oleh

Polisi Tembak Spesialis Pelaku Curanmor

PALEMBANG l Spesialis pencurian sepeda motor (Curanmor) berbagai tempat di wilayah Kota Palembang khususnya di minimarket dan DPO Kepolisian berhasil diamankan oleh anggota Opsnal Unit Ranmor Sat Reskrim Polrestabes Palembang, dipimpin Kasubnit Opsnal Ranmor, Iptu Jhony Palapa, Minggu (27/3/2022) sekira pukul 11.00 WIB.

Tersangka yang diamankan yakni bernama Muhammad Hanip (30) warga Lorong Pelawan, Kelurahan Mariana, Kecamatan Banyuasin I, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, dan diberikan tindakan tegas terukur. Kini tersangka Hanip berada di Polrestabes Palembang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Aksi pencurian motor dilakukan tersangka Hanip bersama rekannya yang sudah ingkrah bernama Supriadi (22) terjadi hari Sabtu (24/10/2020) lalu di Jalan Basuki Rahmat, tepatnya didepan ruko cafe simpang kopi, Kelurahan Ario Kemuning, Kecamatan Kemuning, Palembang, sekira pukul 19.20 WIB.

Bermula tersangka Hanip menjemput Supriadi dirumahnya untuk melakukan pencurian motor di wilayah Kemuning, lalu setiba di tempat kejadian perkara (TKP) melihat suasana sepi diparkiran Supriadi yang dibonceng turun sambil membawa kunci letter T mencuri motor milik korban Sherly Hanidia (22) yakni Honda Beat Street nopol BG 6027 ACY yang ada diparkiran.

Namun, belum berhasil motor dibawa tersangka langsung diketahui korban yang berteriak. Sehingga tersangka Supriadi langsung dikejar dan ditangkap anggota Polsek Kemuning yang sedang melakukan patroli hunting. Sedangkan tersangka Hanip langsung kabur melarikan diri, dan sembunyi di Kota Jambi.

Saat diinterogasi Unit Ranmor, tersangka Hanip mengakui perbuatannya sudah melakukan pencurian motor bersama Supriadi, “Yang eksekusi memetik motor Supriadi, saya menunggu diatas motor kami. Namun dia tertangkap anggota Patroli Polisi, lalu saya pergi tinggalkan. Saya selama ini kabur ke Kota Jambi, dan sudah setahun ini kembali ke Palembang,” kata residivis curanmor Tahun 2016 ini.

Lanjutnya, Selain bersama Supriadi juga sering bersama inisial J melakukan curanmor. “Biasanya kami dengan J melakukan curanmor di seputaran wilayah Lemabang sasarannya motor yang terparkir di minimarket, kami spesialis curanmor di minimarket A dan I dan motor yang dicuri hanya Honda Beat. Sudah 13 kali beraksi mencuri motor bersama J,” jelas Hanip.

Hanip mengatakan mencuri motor Honda Beat karena kalau berhasil mudah untuk di jual kembali. “Selain di wilayah Lemabang, juga sering beraksi di parkiran minimarket di wilayah Kemuning, Sukarami, Bukit, dengan inisial F, sedangkan dengan inisial T satu kali di KM 13. Sasarannya di minimarket dan tidak mengambil ditempat lain,” tutupnya.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib didampingi Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi melalui Kasi Humas, Kompol Abu Dani membenarkan sudah menangkap DPO kasus pencurian dengan pemberatan yakni curanmor.

“Benar, pelaku yang juga DPO dalam perkara kasus pencurian sepeda motor sudah ditangkap anggota Opsnal Unit Ranmor. Pelaku ini sudah melakukan aksi curanmor di parkiran berbagai minimarket yang ada di Kota Palembang,” ungkap Kompol Abu Dani, Senin (28/3/2022).

Selain mengamankan tersangka, anggota Unit Ranmor juga berhasil menyita barang bukti (BB) alat yang digunakan berbuat kejahatan.

“Satu buah kunci Palsu letter T, satu buah Helm warna merah merk GM, dan dua buah kunci leter L. Serta ikut diamankan motor milik korban, atas ulahnya tersangka Hanip akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP,” tutupnya.(Abdus).

Komentar

Berita Lainnya