oleh

PMI OKI Distribusikan Air Bersih ke Lokasi Banjir

PMIKAYUAGUNG I Dalam rangka tanggap darurat bencana, Tim Relawan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKI terus intens membantu warga dengan menyuplai air bersih ke rumah korban banjir di Komplek Purna Jaya, Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kota Kayuagung. Hal ini dimaksudkan agar penyediaan air bersih tercukupi.

Disamping suplai air bersih, tim relawan dan PMI OKI juga melakukan pengobatan gratis dilokasi banjir di Komplek Purna Jaya dan Kijang Ulu, Kelurahan Sukadana, Kota Kayuagung.

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah 10.000 liter air bersih yang telah didistribusikan ke korban banjir Komplek Purna Jaya,” kata Sekretaris PMI OKI Sirni Lestari, Minggu (30/4).

Pendistribusian air bersih ini, masih kata dia, selain merupakan inisiasi PMI OKI, juga request warga melalui camat setempat. Suplai air bersih ini akan terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Bahkan selama banjir belum kunjung surut, keberadaan air bersih akan terus dipantau. Tentunya tetap berkoordinasi dengan leading sector terkait.

“Dampak dari banjir ini sangat berimplikasi terhadap ketersediaan air bersih maupun datangnya berbagai penyakit. Hal itu sudah diantisipasi sedini mungkin dengan melibatkan pihak terkait agar pemenuhan kebutuhan air bersih dan sisi kesehatan terpenuhi. Khusus sisi kesehatan, kami telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan OKI melalui Puskesmas Celikah,” jelasnya.

Diketahui, banjir yang melanda ratusan KK, baik di Komplek Purna Jaya maupun Kijang Ulu sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Bahkan air terus meninggi hingga satu meter lantaran dampak penimbunan jalan tol Kayuagung-Palembang.

Warga setempat berharap ada solusi kongret untuk meredam banjir yang telah memasuki rumah warga ini.

“Saya sudah 24 tahun tinggal disini dan banjir baru tahun inilah terjadi. Oleh karena adanya tanah timbunan pembangunan jalan tol itulah membuat kondisi banjir makin parah. Kami minta secepatnya manajemen pembangunan jalan tol ataupun pemerintah cepat mengatasi masalah banjir ini seperti dengan membuat gorong-gorong atau box culvert,” kata Serma Purnawirawan TNI, Zainuri dilokasi banjir. (Romi)

 

Komentar

Berita Lainnya