oleh

PMI Lahat Catat 250 Pendonor, Darah O Paling Dominan

LAHAT – Unit Tranpusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lahat mencatat ada sebanyak 250 pendonor daerah di Kabupaten Lahat. Dari jumlah pendonor tersebut, didominasi golongan darah 0 yang mencapai 50 persen.

Direktur UTD PMI Kabupaten Lahat, dr Hj Eli Sulastri MAS melalui Kepala Teknis Reni SKM MKes didampingi Kepala Adm Gaya Susilawati AMd Kes MM mengatakan, ada dua jenis pendonor darah, pendonor sukarela dan pendonor pengganti yakni pendonor dari keluarga atau relasi dari yang membutuhkan darah. Data dari UTD PMI Kabupaten Lahat ada sekitar 250 orang

“Kalau data di kita itu masuk di pendonor sukarela yang rutin tiga bulan sekali mendonorkan darahnya,” ujarnya, di sela-sela kegiatan donor darah dalam memperingati hari donor darah se dunia, di Aula Polres Lahat, Kamis (17/6/2021)

Gaya menjelaskan, dari jumlah pendonor sukarela tersebut, didominasi oleh golongan darah 0 atau sebanyak 50 persen. Sedangkan golongan darah AB 10 persen, golongan darahA 20 persen dan golongan darah B 20 persen.

“Untuk stok semua jenis golongan darah ada di PMI,” sampainya. (Rom)

Komentar

Berita Lainnya