pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

PLTS PT BA Siap Alirkan Air ke Persawahan Warga Desa Nanjungan

74
×

PLTS PT BA Siap Alirkan Air ke Persawahan Warga Desa Nanjungan

Sebarkan artikel ini
IMG-20210908-WA0032
pemkab muba pemkab muba

LAHAT – Warga Desa Nanjungan, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat khususnya petani sawah kini dapat tersenyum. Betapa tidak, dalam waktu dekat ini di desa penghujung Kabupaten Lahat ini akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) oleh PT BA.

Nantinya, PLTS ini akan berperan menyuplai listrik ke pompa irigasi.

Direktur Utama PT Bukit Asam TBK, Suryo Eko Hadianto mengungkapkan PLTS yang dibangun untuk pengairan sawah warga yang selama ini mengandalkan tadah hujan. Dikatakanya, PLTS mencapai 27.500 watt dan akan melistriki pompa irigasi yang berkapasitas 30 liter perdetik.

“Pompa irigasi ini bisa mengairi untuk 100 hektar sawah. Diharapkan dengan PLTS ini bisa mengoptimalkan pengolahan sawah. PLTS ini bisa bermanfaat untuk ratusan petani, “terang Suryo Eko Hadianto  saat peletakkan batu pertama pembangunan PLTS, Rabu (8/9/2021).

Di tempat yang sama, Bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyampaikan apresiasinya atas peran PT BA dalam kemajuan para petani khususnya di Nanjungan. Dirinya yakin, dengan adanya PLTS ini pencapaian panen padi akan lebih baik dan bisa panen dua hingga tiga kali setahun.

“Sudah sangat lama warga Nanjungan meminta solusi agar persawahan bisa teraliri air. Dengan adanya bantuan pembangunan PLTS keinginan tersebut kini terwujud,” disampaikannya.

Cik Ujang sendiri berharap warga desa bisa memanfaatkan dengan baik PLTS yang ada. Dijaga dan dirawat dan jangan sampai ada konflik karena pembangunan PLTS ini untuk kemajuan bersama.

“Dan pembangunan PLTS ini bisa menjadi conyoh bagi Pemkab. Dataran tinggi tapi masih bisa mengola sawah,” ujarnya.  (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *