oleh

Plt Bupati Muba Serahkan DIPA dan TKDD 2022

MUSI BANYUASIN – Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan penyerahan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2022, Senin (13/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Beni mengatakan, hal ini sebagai tindak lanjut dari penyerahan DIPA dan TKDD oleh Bapak Presiden secara simbolis kepada beberapa Pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) maupun secara virtual kepada seluruh Pimpinan K/L dan Daerah yang telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 November 2021 di Istana Negara Jakarta, dilanjutkan dengan penyerahan oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan kepada Satuan Kerja K/L, Perangkat Daerah dan Bupati/Walikota Se-Sumatera Selatan pada hari Selasa tanggal 7 Desember 2021 di Griya Agung Palembang.

“DIPA K/L dan daftar alokasi TKDD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi para menteri, pimpinan lembaga, dan kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya Beni, untuk mengakselerasi pelaksanaan pembangunan, telah dikeluarkan Instruksi Bupati Musi Banyuasin Nomor 83 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2022.

“Segera selesaikan dan umumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) barang/jasa pemerintah TA. 2022 paling lambat 31 Desember 2021. Segera laksanakan pengadaan barang/jasa (tender) dan tanda tangan kontrak paling lambat 31 Mei  2022. Percepat pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan pembangunan. Meningkatkan pengendalian dan pengawasan internal. Tidak menunda proses pencairan keuangan untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran (menghindari penumpukan anggaran pada akhir tahun). Mempedomani Batas Akhir Pelaksanaan Pekerjaan Paling Lambat 15 Desember 2022,” ulasnya.

Tahun Anggaran 2022, Kabupaten Musi Banyuasin menerima 21 DIPA yang diperuntukkan bagi 16 Satuan Kerja dengan total alokasi anggaran sebesar Rp.195.558.668.000, dan dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) mendapatkan alokasi sebesar Rp. 2.405.665.665.000,-

“Penerimaan DIPA dan TKDD tahun 2022, Alhamdulillah mengalami peningkatan. DIPA mengalami peningkatan sebesar 0,43%. Sedangkan TKDD mengalami peningkatan sebesar 346 Milyar. Peningkatan ini salah satu dari alokasi Dana Bagi Hasil. Tentu dengan adanya peningkatan menjadi kabar baik untuk para pelaku pengguna anggaran. Gunakan anggaran ini semaksimal mungkin dan sebagaimana mestinya untuk mensejahterakan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan,” bebernya.

Sementara, Kepala KPPN Sekayu Ahmad Fauzi SIP MSi mengatakan, penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk tema dari kebijakan fiskal di tahun 2022 yaitu “Melanjutkan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Melalui APBN TA 2022, Pemerintah mengarahkan kebijakan fiskal dalam rangka Penguatan pondasi ekonomi baik itu melalui reformasi penguatan kelembagaan, deregulasi dan debirokratisasi. Reformasi menjadi penting karena merupakan prasyarat dalam upaya peningkatan iklim investasi yang dibutuhkan untuk memulihkan pertumbuhan, mendorong inovasi, dan meningkatkan daya saing. Reformasi struktural juga dibutuhkan untuk perbaikan pelayanan dan peningkatan produktivitas melalui reformasi bidang pendidikan, Kesehatan, dan perlindungan sosial.

“Semoga apa yang menjadi harapan serta keinginan di tahun 2022 ini dapat segera terwujud,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama juga diadakan KPPN Sekayu Award 2021. Beberapa penghargaan ini diterima oleh, Pengelolaan DAK Fisik Terbaik Tahun 2021, Kategori Pagu s.d Rp10 Miliar yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba. Kategori Pagu di atas Rp10 Miliar yaitu Dinas Perumahan dan Permukiman Muba. (Endang)

Kinerja Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Terbaik Tahun 2021 Satker Lingkup Wilayah Muba:
1. KPPN Sekayu
2. Pengadilan Negeri Sekayu
3. BPS Kabupaten Muba

Rekonsiliasi Laporan Keuangan Terbaik Tahun 2021 Satker Lingkup Wilayah Muba :
1. Polres Musi Banyuasin
2. MTsN 3 Musi Banyuasin
3. MTsN 2 Musi Banyuasin

Komentar

Berita Lainnya