pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Pj. Bupati Sandi Fahlepi Hadiri Langsung Musrenbangnas 2024

51
×

Pj. Bupati Sandi Fahlepi Hadiri Langsung Musrenbangnas 2024

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

MUBA – Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) H. Sandi Fahlepi menghadiri musyawarah perencanaan pembangunan nasional (musrenbangnas) tahun 2024 dalam rangka penyempurnaan rancangan awal rencana kerja pemerintah tahun 2025, bertempat di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senin (6/5/2024).

Selain Pj. Bupati Muba H. Sandi Fahlepi, kegiatan ini juga dihadiri para menteri, kepala lembaga negara, gubernur, serta bupati/walikota se-Indonesia.

Kegiatan yang digelar Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) tersebut dibuka langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Musrenbangnas ini diawali dengan paparan Kepala PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, diantaranya menyampaikan terkait capaian pembangunan periode 204-2023 kemajuan program prioritas nasional.

Lanjut ia mengatakan, bahwa rancangan awal RKP tahun 2025 merupakan pendekatan teknokratik dengan menjabarkan rancangan akhir RPJPN 2025-2045 dan rancangan teknokratik RPJMN 2025-2029. Kemudian program presiden terpilih akan diintegrasikan dalam Perpres RKP 2025 sebagai landasan RAPBN 2025. RKP Tahun 2025 juga memastikan keberlanjutan transformasi dan 45 indikator pembangunan Indonesia Emas 2045.

“Bappenas bersama stakeholder pembangunan selalu disiplin dengan proses yang telah ditentukan, salah satunya musyawarah pembangunan nasional. Musrenbangnas ini ditujukan untuk mengonsolidasikan berbagai usulan dari forum-forum yang dilaksanakan sebelumnya,” ujarnya.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan, saat ini kita dihadapkan dengan situasi yang tidak mudah, mengingat pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya tumbuh 3,2 persen, dan dampak tuntutan dari Covid-19 juga masih terasa sampai sekarang.

“Oleh sebab itu kita harus lebih hati-hati dalam mengelola anggaran, jangan sampai ada keuangan yang meleset dari rencana yang dibuat. Serta betul-betul memperhatikan skala prioritas,” tegasnya.

Selain itu, Presiden mengingatkan agar sinkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus dilakukan.

“Saya mengingatkan juga kepada kementerian, kalau ada rencana pembangunan harus disampaikan terlebih dahulu ke daerah yang dituju,” tandasnya.

Sementara, Pj Bupati Muba H. Sandi Fahlepi disela kegiatan tersebut berharap, dengan diselenggarakannya musrenbangnas ini, pemerintah pusat dapat meningkatkan dukungannya pada pembangunan daerah melalui usulan-usulan prioritas utama Kabupaten Kabupaten Muba, diantaranya penambahan jaringan gas bumi untuk rumah tangga.

“Kita sudah mengusulkan program tersebut melalui Bappeda Sumsel, terdapat sekitar 13.494 potensi jargas yang tersebar dibeberapa kecamatan. Mudah-mudahan pemerintah pusat dan didukung pemerintah provinsi dapat merealisasikan apa yang kita usulkan pada desk musrenbangnas. Hal ini dilakukan semata-mata demi kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

“Hal tersebut dikarenakan pemerintah Kabupaten Muba selama ini terus menyinergikan setiap program pembangunan, yang dilaksanakan dengan program-program pembangunan pusat dan provinsi, yang disesuaikan dengan kebutuhan di Kabupaten Muba,” pungkas dia. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *