pemkab muba
Bangka Belitung

Pj. Bupati Bangka Rapat Secara Virtual dengan Mendagri Tito Bahas Inflasi

113
×

Pj. Bupati Bangka Rapat Secara Virtual dengan Mendagri Tito Bahas Inflasi

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

SUNGAILIAT – Pj. Bupati Bangka M Haris, Sekda Andi Hudirman, Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya serta para kepala dinas terkait turut mengikuti rapat secara virtual terkait inflasi di Ruang OR Pemkab Bangka dengan Mendagri Tito Karnavian, Rabu (3/1/2023).

“Arahan Mendagri dan kementerian terkait mengatasi inflasi yang terjadi saat ini,” kata Haris usai kegiatan.

Kemudian, Haris mengatakan pemerintah daerah kabupaten dalam upaya mengatasi inflasi yakni melakukan intervensi.

Lebih jauh dijelaskannya, Intervensi dalam upaya pengendalian inflasi di daerah (indeks kenaikan harga) tahun 2023. Intervensi tersebut dilakukan di antaranya pengecekan ketersediaan stok bahan pokok penting (bapokting), pengecekan jalur transportasi distributor serta intervensi melalui operasi pasar.

“Saat kita mengecek stok bahan pokok penting kita tanya ke distributor apakah ada kendala, tidak ada, stok cukup, berarti tidak ada alasan mereka menaikkan harga, stabil walaupun di masa Nataru, atau mungkin permintaannya tinggi,” kata Haris.

Namun dengan permintaan yang tinggi tersebut, Pemkab Bangka melakukan operasi pasar bersubsidi sehingga suplai dan permintaan tetap terjaga.

“Operasi pasar yang kita lakukan jelang akhir tahun (2023) salah satu intervensi cukup signifikan dalam mengendalikan serta menstabilkan harga di pasaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat virtual mengatakan, tingkat inflasi nasional tahun ke tahun pada bulan Desember 2023 secara year on year (y-on-y) diangka 2,61 %, turun dari angka sebelumnya yakni 2,68 persen.

“Jadi berita baiknya, inflasi kita relatif terjaga, namun jangan sampai terlena karena tren bulan ke bulannya ada peningkatan sehingga perlu langkah-langkah yang diambil,” ujar Mendagri. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *