pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Petani PALI Bersama TNI Tanam Padi Serentak

64
×

Petani PALI Bersama TNI Tanam Padi Serentak

Sebarkan artikel ini
PALI PADI
pemkab muba

PALI I Petani padi bersama anggota Tentra Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dari Komando Daerah Militer (Koramil) 0404-03 Pendopo dan Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), mengelar kegiatan penanaman padi serentak secara Nasional.

Komandan Koramil 0404-03 Pendopo, Kapten Inf Fiber Irwanda mengatakan, bahwa penanaman padi verietas unggul secara serentak tersebut, merupakan kegiatan nasional, yang dilakukan bagi para petani padi dan TNI AD, seperti yang dilaksanakan di Desa Sedupi, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI ini.

“Ini merupakan kegiatan penanaman padi secara serentak di seluruh wilayah dalam Indonesia. Jadi ini merupakan program di pemerintahan pusat bekerjasama dengan TNI. Kita berharap dengan adanya penanaman secara serentak ini, bisa membuka lahan tidur yang ada di Bumi Serepat Serasan ini,” ujarnya Senin (7/12/2015).

Sementara itu, Kepala BP3K Kecamatan Tanah Abang, Titin Wijanarko mengatakan, bahwa gerakan penanaman padi secara serentak bersama TNI ini, dilakukan dengan menggunakan sistem Jajar legowo (Jarwo), untuk mencapai hasil yang maksimal dan menguntungkan bagi para petani padi di Kabupaten PALI.

“Jadi kita disini melakukan penanaman padi dengan cara jarwo ini, selain mendapatkan hasil yang melimpah. Kita juga akan menjadikan petani padi menciptakan lumbung bibit verietas unggul. Sehingga kita tidak lagi mencari bibit padi dari luar, melainkan menjadi pendistribusi bibit verietas unggul bagi para petani lokal maupun di luar Kabupaten PALI,” jelasnya

Terpisah, salah satu petani padi Desa Sedupi Cik Namin mengharapkan, dengan adanya penanaman padi secara serentak ini, bisa membuat Peme‎rintah Daerah (Pemda) bisa memberikan bantuan berupa, alat pembasmi hama.

“Kendala kita petani disini, kalau sudah masa penanaman hama tikut mulai keluar. Untuk itu, kita sangat membutuhkan alat untuk pembasmi tikus ini,” Harapnya. (Aras)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *