oleh

Petani di Muba Terima Bantuan Benih Jagung

MUSI BANYUASIN – Peningkatan Produksi Pangan di Kabupaten Musi Banyuasin terus di maksimalkan. Kali ini, kelompok tani di Musi Banyuasin itu menerima bantuan benih jagung untuk tanam seluas 5.081 hektar yang secara simbolis langsung diserahkan oleh Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan, Riezky Aprilia di Aula Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Muba, Sabtu (25/7/2020).

Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi mengapresiasi anggota Komisi IV DPR RI yang menaruh perhatian khusus pada peningkatan produksi jagung di Kabupaten Muba. Ia menilai Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ini dapat menaikkan semangat petani Muba untuk terus menopang kebutuhan jagung, sehingga meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Muba.

“Mewakili masyarakat Muba kami ucapkan terima kasih, Alhamdullilah adinda kami Riezky Aprilia yang akrab dipanggil Kiki datang kesini membawa bantuan benih jagung untuk lahan seluas 5000 Ha. Kami akan manfaatkan sebaik-baiknya, intinya kita komitmen pertanian menjadi salah satu sektor yang sangat kita andalkan untuk mendorong visi Muba Maju Berjaya dapat terwujud,” kata Beni.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Riezky Aprilia SH MH menyampaikan, agar para kelompok tani dapat menggunakan bantuan benih jagung tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Dalam kurun waktu tiga bulan kedepan saya akan kesini lagi untuk melihat hasil dari tanaman benih jagung ini, saya titip betul jangan disia-siakan. Karena bukan hal mudah memperjuangkan bantuan ini, tidak lain dengan tujuan agar para kelompok tani dapat terbukti mampu memanfaatkan bantuan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Menurut laporan Kepala Dinas TPHP Kabupaten Muba, Ir Thamrin, bantuan yang diberikan Anggota Komisi IV DPR RI ini merupakan bentuk Aspirasi dari wakil rakyat itu. “Adapun total seluruh bantuan benih jagung untuk kelompok tani di Kabupaten Muba seluas lahan 5.081 ha, dan terbagi atas dua jenis kegiatan. Pertama, Perluasan Areal Tanam Baru (PATB)¬†seluas 1.081 ha, tersebar di 9 Kecamatan yang simbolis diserahkan hari ini, tersebar di 25 desa dan 38 kelompok tani jadi jumlah benih jagung ebanyak 16 ton 12 kg, sehingga setiap hektar dapat jatah benih lebih kurang 15 kg. Yang Kedua yaitu Indeks Pertanaman (IP) dengan jumlah benih jagung untuk lahan seluas 4000 ha dan diberikan untuk Kecamatan Lalan,” bebernya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya