pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Pertemuan Direktur Perusahaan Tambang Gagas Optimisme Kerja Lebih Baik

436
×

Pertemuan Direktur Perusahaan Tambang Gagas Optimisme Kerja Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
Pertemuan Direktur Perusahaan Tambang Gagas Optimisme Kerja Lebih Baik dan Bertanggung Jawab
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Sebagai upaya memperbaiki kinerja di sektor pertambangan, Kementerian ESDM menggelar pertemuan dengan seluruh pelaku pertambangan di Bangka Belitung. Pertemuan yang melibatkan Dirjen Minerba dan Dinas ESDM Babel tersebut, mengundang para Direksi dan Kepala Tehnik Tambang (KTT) di Babel.

Acara yang digelar di Ballroom Novotel Bangka pada Rabu (7/6/23) siang kemarin, ditujukan untuk membangun optimisme dan komitmen untuk bekerja dengan lebih baik dan bertanggung jawab.

Demikian disampaikan oleh Sunindyo Suryo Herdadi selaku Direktur Teknik dan Lingkungan sekaligus Kepala Inspektur Tambang Dirjen Minerba dalam keterangan Persnya. Dikatakannya, bahwa pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat diciptakan melalui komitmen dan sinergis yang baik antara para pemangku kepentingan.

“Kita optimis bahwa kinerja di sektor pertambangan oleh para pelaku usaha, akan semakin membaik dan semakin bertanggung jawab ke depannya. Untuk itu kita bangun komunikasi yang baik dan kita ajak para rekanan ini untuk berkomitmen dalam deklarasi, sebagai pemantapan sikap,” terangnya.

Sunindyo Suryo Herdadi mengingatkan, ketidakpastian pada era ini menjadi suatu keniscayaan termasuk juga pada industri pertambangan, seperti fluktuasi harga komoditas tambang, ancaman-ancaman yang sulit diprediksi seperti bencana alam, atau bahkan wabah penyakit seperti yang barubaru ini terjadi di dunia yaitu wabah Covid-19.

Untuk itulah, ia mengharapkan para direksi perusahaan pertambangan ikut berpartisipasi aktif, dalam menjalankan kaidah teknik pertambangan yang baik termasuk juga bersinergi dengan setiap pemangku kepentingan, mulai dari pekerja tambang, perusahaan jasa pertambangan, serta pemerintah guna menciptakan good mining practice.

“Sinergisitas tersebut dapat berupa dukungan pihak manajemen terhadap program-program pengelolaan keselamatan pertambangan yang merupakan hal wajib, sesuai dengan amanat ketentuan peraturan perundangan,” kata Sunindyo.

“Intinya, semua pekerja tambang harus berkomitmen dalam menjalankan tugas sesuai dengan standar, norma, dan aturan yang berlaku, mengingat keselamatan di area kerja. Tidak hanya tanggung jawab satu individu, tetapi juga tanggung jawab seluruh personal yang bekerja di dalamnya,” tandas Sunindyo.

Pada kesempatan kali ini, Bapak Sunindyo Suryo Herdadi juga mengajak para direksi perusahaan pertambangan untuk menandatangani deklarasi komitmen bersama sebagai wujud komitmen dalam pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik di Bangka Belitung, yang dipandu oleh Inspektur Tambang dari Dinas ESDM Babel, Dody Hendrasukmana.

Senada dengan penyampaian Sunindyo, Kepala Dinas ESDM Bangka Belitung Amir Syahbana, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian ESDM khususnya Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara atas pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya ini energi positif untuk menjadi mendorong pelaksanaan kaidah teknis pertambangan yang baik di Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita semua tau, sektor pertambangan di Kepulauan Bangka Belitung masih menjadi tulang punggung perekonomian daerah, juga berkontribusi terhadap penerimaan negara. Salah satunya adalah bahan galian timah yang berasal dari beberapa kabupaten yang terdapat di Babel,” katanya.

“Masifnya kegiatan pengelolaan sumber daya mineral baik itu logam maupun non-logam memberikan dampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, namun di sisi lain terdapat potensi kecelakaan kerja dan penurunan kualitas lingkungan. Untuk itulah melalui pertemuan seperti ini, kita berharap stakeholder dapat mengimplementasikan kaidah teknik pertambangan yang baik dapat tercapai dan menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah serta pelaku usaha pertambangan,” timpalnya panjang lebar.

Selain penandatanganan deklasi komitmen bersama, pada acara ini juga dilaksanakan diskusi dan tanya jawab dengan dengan nara sumber, Direktur Teknik dan Lingkungan, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Koordinator lnspektur tambang Bangka Belitung dan Bapak Subkoordinator Keselamatan Pertambangan Mineral selaku narasumber acara.

Para peserta terlihat cukup antusias untuk menyampaikan pertanyaan dan saran serta masukan bagi pemerintah di dalam penyusunan peraturan dan kebijakan di sektor pertambangan. Diharapkan komunikasi yang baik antara pemerintah dan pelaku usaha pertambangan dapat terjaga dengan baik demi terwujudnya kaidah Teknik pertambangan yang baik.

Berikut Deklarasi komitmen Bersama Direksi Pertambangan dan Kepala Tehnik Tambang

1. Menjalankan dan menjamin untuk terlaksananya kewajiban kaidah teknik Pertambangan yang baik pada kegiatan operasional kami sesuai dengan Peraturan perundangan.

2. Menyediakan sumber daya (personil, biaya, organisasi, sarana, prasarana, Intalasi, dan peralatan pertambangan) yang memadai untuk menjamin kegiatan Operasional dapat dilaksanakan secara aman, sehat, dan produktif serta sesuai Peraturan perundangan.

3. Memberikan dukungan penuh kepada Kepala Teknik Tambang sehingga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan perundangan.

4. Melaksanakan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *