oleh

Pertamina EP Tingkatkan Produksi Tajak Sumur  SPA-DZE Musi Rawas 

MUSIRAWAS – Di tengah massa pandemi COVID-19 yang saat ini melanda, PT Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field berupaya meningkatkan produksi untuk mempertahankan energi nasional. Salah satunya, yakni dengan melakukan tajak sumur SPA-DZ3 berlokasi di Desa Semangus Lama, Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rabu (21/10/2020) siang.

Assisten Manager Legal dan Relations Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, Ferry Prasetyo Wibowo mengatakan, pengeboran di lapangan Sopa merupakan yang pertama di tahun 2020. Dengan harapan pemboran ini berhasil dan memberikan penambahan produksi bagi lapangan Sopa bahkan melebihi target.

Sehingga, memberikan peningkatan bagi hasil daerah dari sektor minyak dan gas bumi (Migas) dan memberikan kontribusi besar bagi masyarakat sekitar aktivitas hulu migas. “Kita melakukan tajak di sumur SPA-DZ3 dan mengelar syukuran bersama dengan para aparatur desa seperti kadus, pemuka agama, anak yatim piatu dan para pekerja yang melakukan tajak sumur SPA-DZ3,” ungkap Ferry.

Dikatakannya, dengan telah selesai pengeboran itu dilanjutkan syukuran yang tidak dilakukan secara berlebihan dan mengundang banyak orang. Karena, harus memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemik saat ini. Penerapan pemakaian masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sangat diperhatikan.

“Apa yang diikhtiarkan Pertamina EP dalam tajak ini tercapai dan lebih meningkatkan produksi yang ada selama ini. Kita juga harapkan partisipasi masyarakat mendukung kegiatan tajak sumur SPA-DZ3,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dusun 6 Desa Bumi Makmur, Ibrahim Hasan menuturkan, masyarakat menyambut baik adanya pemboran yang dilakukan PT Pertamina EP. Karena, memberikan pengaruh besar dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga, terjalin kebersamaan antara pertamina EP dan masyarakat sekitar.

“Pertumbuhan ekonomi terjadi sejak adanya aktivitas pemboran dan memberikan sumbangsih besar bagi kemajuan desa sekitar. Kita berdoa pemboran ini berhasil memberikan peningkatan produksi migas nasional dan para pekerja di lokasi diberikan keselamatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” kata Ibrahim Hasan.

Hal senada dikatakan, Tokoh Agama Desa Semangus Lama, Ahmad Hudori. Menurutnya, pengeboran ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Kami mendukung langkah Pertamina EP dalam meningkatkan produksi untuk ketahanan energi nasional dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar operasi,” tandasnya.

Syukuran dilakukan dengan pemotongan nasi tumpeng bersama. Kemudian pemberian bantuan oleh Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field untuk masyarakat Desa Semangus Lama dan Desa Bumi Makmur seperti bantuan untuk pembangunan mesjid, pemberian sembako bagi kaum duafa, dan bantuan pojok baca perlengkapan olahraga bagi sekolah dasar Desa Sopa. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya