oleh

Pertama di Sumsel, OKI Siagakan 145 Rumah Tunggu Kelahiran

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menyiapkan 145 unit rumah tunggu kelahiran. Fhoto : Humas OKI
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menyiapkan 145 unit rumah tunggu kelahiran. Fhoto : Humas OKI

KAYUAGUNG I Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menyiapkan 145 unit rumah tunggu kelahiran. Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) merupakan upaya pemerintah setempat untuk menekan angka kematian ibu dan bayi melahirkan.

“Setiap ibu dan bayi melahirkan harus mendapat pelayanan kesehatan. Setidaknya dengan berada di RTK ini mereka telah dekat dengan fasilitas dan layanan kesehatan,” kata Bupati OKI, Iskandar, SE saat meresmikan rumah tunggu kelahiran desa Sukadarmo Kecamatan Jejawi, Senin (21/3/2016).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, H.M. Lubis, M. Kes mengatakan Kabupaten OKI menjadi yang pertama di provinsi Sumsel yang sudah melaksanakan program pusat ini. Sebelum itu, menurutnya Pemkab telah menyiapkan rumah singgah bagi warga yang berobat di RSUD Kayuagung.

“Rumah tunggu dibuat untuk mengatasi persoalan “Tiga Terlambat ” yaitu, terlambat mengetahui persoalan, terlambat merujuk, dan terlambat penanganan. Tiga persoalan ini banyak menyebabkan ibu hamil meninggal dunia,” kata Lubis.

Dikatakannya, pelayanan di rumah tunggu meliputi pemeriksaan kehamilan,  imunisasi ibu hamil dan bayi baru lahir. Pemeriksaan ibu dan bayi pascamelahirkan, serta pemeriksaan antenatal. Dia berharap keberadaan RTK ini mampu menekan angka kematian ibu melahirkan dan mencapai cakupan pelayanan kelahiran yang ditolong tenaga kesehatan. (Romi)

Komentar

Berita Lainnya