pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Persiapan Pemilu 2024, KPU Bangka Selatan Terima 1.308 Koli Surat Suara

106
×

Persiapan Pemilu 2024, KPU Bangka Selatan Terima 1.308 Koli Surat Suara

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

BANGKA SELATAN – Pesta demokrasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin mendekat di Kabupaten Bangka Selatan. Dalam persiapan menyelenggarakan Pemilu yang akan datang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan menerima kedatangan logistik berupa 1.308 koli surat suara, Rabu (20/12/2023).

Kedatangan logistik tersebut terdiri dari surat suara untuk pemilihan Presiden, Wakil Presiden, dan Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk DPR RI, DPD, DPR Provinsi, serta DPRD Kabupaten, diawasi ketat oleh pihak kepolisian setempat.

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin menyatakan, bahwa pihaknya menerima secara keseluruhan 1.308 koli surat suara dengan rincian 77 koli untuk Presiden dan Wakil Presiden termasuk 1 Pemungutan Suara Ulang (PSU) dengan total 78 koli, 305 koli untuk DPR RI, 305 koli untuk DPD, 305 koli untuk DPR Provinsi, dan 315 koli untuk DPRD Kabupaten.

“Kedatangan surat suara ke Gudang KPU Bangka Selatan terjadi sekitar pukul 13.15 WIB, dengan kondisi surat suara yang kami terima dalam keadaan baik,” ujar Muhidin.

Selanjutnya, Muhidin menjelaskan bahwa proses penyortiran dan pelipatan surat suara akan dimulai pada awal bulan Januari 2024.

“Setelah ini, kita akan melakukan sortir dan pelipatan surat suara secara bersamaan, rencananya diawali pada awal bulan Januari 2024. Saat proses pelipatan, kami juga akan menyortir surat suara yang tidak layak digunakan,” jelasnya.

Dalam upaya penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Bangka Selatan akan melibatkan warga sekitar kantor mereka.

“Kami akan merekrut dan melibatkan warga sekitar sebagai petugas sortir dan lipat surat suara,” tambah Muhidin.

Muhidin juga menekankan bahwa petugas yang terlibat akan memiliki identitas jelas, dan ada pengawasan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Selatan serta pihak kepolisian. Hal ini dilakukan untuk memastikan transparansi dan keadilan dalam proses tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *