oleh

Peremajaan Sawit Diyakini Mampu Tingkatkan Produktivitas Hasil Panen

SARIAGRI – Bupati Bangka, Mulkan melakukan penanaman perdana kelapa sawit kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Dusun Air Pelempang Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Rabu (24/3/2021).

Menurut Mulkan, dengan adanya program PSR dapat meningkatkan produktivitas hasil panen. Dengan demikian mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat khususnya para petani sawit di Kabupaten Bangka.

“Jangan sampai jumlah batang kelapa sawit banyak tapi hasilnya rendah. Dengan adanya PSR ini mampu meningkatkan produktivitas bagi petani sawit,” kata Mulkan.

Disampaikannya, saat ini harga kelapa sawit melambung di atas Rp 2.000 per kg. Harga ini tentu saja disambut baik petani karena sawit menjadi salah satu andalah bagi masyarakat terutama di desa.

Mulkan juga mengingatkan, faktor bibit dan perawatan harus diperhatikan secara baik dan benar. Agar hasilnya bisa didapatkan secara maksimal.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani menjelaskan, Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) bertujuan menjaga dan meningkatkan produksi hasil kebun kelapa sawit rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kita ketahui selama ini banyak kebun kelapa sawit rakyat ini hasil produktivitasnya rendah di bawah standar. Kalau produktivitas standar hasilnya 20-24 ton kelapa sawit per hektare per tahun sedangkan hasil kebun kelapa sawit rakyat sekitar 15 ton per hektare per tahun bahkan di bawah itu,” kata Elius.

Dengan adanya PSR kata Elius dapat menggantikan kelapa sawit yang sudah tua untuk ditanam kembali atau diremajakan.

Diketahui, program PSR di Desa Air Buluh Kecamatan Mendo Barat seluas 63,98 hektar kepada Kelompok Tani Usaha Bersama atas usulan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya