pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Pentingnya Pemahaman Agar Pemanfaatan Teknologi Menjadi Positif

45
×

Pentingnya Pemahaman Agar Pemanfaatan Teknologi Menjadi Positif

Sebarkan artikel ini
IMG-20210521-WA0029
pemkab muba

PALEMBANG – Pemahaman terkait teknologi digital dinilai sangatlah penting bagi masyarakat, dengan pemahaman tersebut, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dengan berbagai hal positif, khsusnya dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang, Edison saat hadir dan menjadi narasumber dalam kegiatan Program Peluncuran Kegiatan Literasi Digital Lanjutan bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Ballroom Novotel Hotel Palembang, Jumat (21/5/2021).

Selain itu, Edison juga menyampaikan apresiasinya terkait peluncuran Program Literasi Digital yang bertemakan “Indonesia Makin Cakap Digital”, sehingga masyarakat kedepan dapat lebih memahami ranah digital.

“Karena memang kita semua harus memahami, khsusunya bagi para pengguna teknologi digital saat ini terkait bagaimana penggunaan digital yang baik,” ujarnya.

Masih dikatakan Edison, terdapat beberapa aspek yang harus dipahami dan diketahui bersama terkait pemanfaatan teknologi digital saat ini. “Yang pertama dari segi kemampuan atau skill, tentunya dari segi kemampuan harus di manfaatkan untuk hal yang positif. Dalam pemanfaatan digital ini juga harus ada penanggung jawabannya dan juga ada unsur budayanya,” jelasnya.

Masyarakat, khususnya di kota Palembang diharapkannya juga untuk dapat bersama-sama memahami, bahwa teknologi digital yang dibuat bukanlah untuk suatu hal-hal yang negatif. “Teknologi digital itu dibuat untuk hal positif, sehingga masyarakat mampu untuk mendapatkan informasi, seperti informasi data secepat mungkin, seupdate mungkin serta seakurat mungkin,” tuturnya

“Dan masyarakat juga bisa memanfaatkan teknologi digital sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang ada di Indonesia ini,” katanya menambahkan.

Edison juga menjelaskan, bahwa Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika juga berencana akan membuat satu Aplikasi khusus terkait data, yaitu Satu Data Palembang. “InsyaAllah nanti sesingkat mungkin akan kita lounching. Aplikasi ini nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat Palembang untuk mencari data-data di kota Palembang. Itu seluruh data-data dari setiap OPD, apa yang ingin kita cari itu akan ada,” jelasnya.

Namun, lanjut Edison bahwa terdapat pengecualian yang tidak akan ditampilkan dalam Aplikasi tersebut, seperti data privasi yang memang dilindungi. “Ada pengecualian atau data yang tidak bisa kita publis, dan memang itu aturan. Dan data-data yang bisa kita publis nanti kita sajikan dalam Aplikasi Satu Data Palembang,” tutupnya. (Alam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *