oleh

Pemuda Tani HKTI Babel Siapkan Kebun Percontohan Hingga Bibit Kacang Tanah

SUNGAILIAT – Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan kebun percontohan kacang tanah. Termasuk bibit kacang tanah bagi para petani.

Hal ini sebagai komitmen sekaligus membantu para petani agar dapat mengaplikasikan program penanaman kacang tanah.

Komitmen ini dikatakan langsung oleh Ketua Umum Pemuda Tani HKTI Babel, Redy Zedira Tama dalam pertemuan Pemuda Tani HKTI di Hotel Tri Mustika, Sungailiat, Bangka Belitung.

“Pemuda Tani Babel akan melaunching program tanam kacang ini di seluruh kabupaten kota Se Bangka Belitung. Setelah Bangka Barat, akan dilanjutkan pada penanaman perdana berikutnya di Kabupaten Bangka yang lahannya sudah disiapkan,” kata Redy.

Dengan adanya kebun percontohan kata Redy, dapat dijadikan pusat kegiatan pemuda tani sebagai sarana pembelajaran untuk petani.

Dalam program kacang tanah ini, Pemuda Tani HKTI Babel bekerja sama dengan Koperasi Lada Babel. Menurut Redy, kacang tanah sebagai komoditi pertanian dalam program unggulan karena merupakan jenis tanaman pertanian yang sudah sangat familier di masyarakat petani.

“Dipilihnya kacang tanah sebagai komoditi pertanian dalam program ini, karena kacang tanah merupakan jenis tanaman pertanian yg sudah sangat familier di masyarakat petani kita,” kata Redy.

Ia menjelaskan pola kerja sama yang dilakukan pemuda tani HKTI Babel dengan Koperasi Lada Babel dalam program kacang tanah dapat menguntungkan semua pihak.

“Rantai bisnis yang dibuat dalam program kacang tanah ini akan menguntungkan seluruh jaringan pemasarannya, dari tingkat petani, pengepul/ koordinator lapangan akan mendapatkan profit. Sehingga dengan sistem seperti ini semua unsur akan bersemangat,” jelasnya.

Kata Redy, pemuda Tani HKTI Babel dalam hal ini akan melakukan pendampingan penyuluhan guna memudahkan petani menjalani program penanaman kacang tanah hingga waktu panen.

Ketua Koperasi Lada Babel H. Duk menjelaskan, lokasi pertanian nantinya akan dilakukan survey guna mengukur kelaikan oleh petugas penyuluh lapangan.

“Lokasi pertanian akan akan disurvey untuk mengukur kelaikannya oleh petugas penyuluhan lapangan,” jelas H. Duk.

Menurut H. Duk, pemuda Tani dan Koperasi Lada Babel siap menjadi pembeli (Off Taker) Hasil panen petani. Penanaman perdana program kacang tanah ini akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka barat di bulan April ini.

“Insya Allah akan dihadiri oleh Bapak Gubernur Babel. Dan ini sejalan dengan program pemerintah propinsi yang mendorong dunia pertanian di Babel sebagai pilar utama kekuatan ekonomi rakyat,” tutup H. Duk. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya