oleh

Pemprov Babel Matangkan Persiapan Jelang Kedatangan Menko Marves

SIJUK – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Naziarto meninjau langsung sejumlah venue yang akan dikunjungi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan. Lokasi yang dikunjungi diantaranya Bukit Peramun di Desa Air Selumar dan Pendopo Tanjung Kelayang di Desa Keciput, Kamis (19/5/2022).

Selama kunjungan kerjanya di Pulau Belitung, direncanakan Menteri Luhut juga akan melakukan rapat koordinasi terkait geopark serta belanja Produk Dalam Negeri (PDN), dan menghadiri acara puncak launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Memastikan kesiapan di Bukit Peramun, Pj Gubernur dengan seksama mendengar informasi dan kesiapan dari Ketua Komunitas Air Selumar, Adie Darmawan terkait objek wisata alam yang dipadukan dengan teknologi melalui aplikasi berbasis digital Bukit Peramun, yang didalamnya berisi teknologi virtual guide, hingga QR Code di tiap pohon yang dapat memberikan informasi tentang pepohonan tersebut melalui handphone.

Tak hanya itu, Pj Gubernur bersama Sekda juga melakukan tracking pendakian Bukit Peramun hingga ke puncaknya diketinggian sekitar 500 mdpl. Di sepanjang perjalanan ia memastikan sejumlah fasilitas umum berfungsi dengan baik, seperti toilet, tempat istirahat hingga tempat sampah.

“Bukit Peramun bagus, unik sangat alami mudah-mudahan menarik perhatian Menteri. dalam konteks pariwisata, ini menarik karena berbasis digital. Ada aplikasi yang dikembangkan dan itu merupakan hal yang menarik dan merupakan inovasi yang bagus,” ungkapnya.

Bahkan kedepan, untuk mendukung inovasi Komunitas Bukit Peramun dalam berkreasi, dikatakannya Pemprov Babel berencana akan mendorong penambahan jaringan internet di lokasi wisata itu, dan mengusulkan untuk menghadirkan cable car.

Sementara kesiapan di Pendopo Tanjung Kelayang, tampak hadir Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie turut mendampingi kedatangan Pj Gubernur. Mereka memperhatikan segala aspek di ruangan yang akan dijadikan lokasi launching Gernas BBI, mulai dari pemantauan tahapan persiapan pemasangan tenda, kondisi jalan, parkir area, dan perlengkapan serta keperluan lainnya.

“Di Tanjung Kelayang hanya menunggu pemasangan tenda-tenda dan stand yang menurut EO akan selesai esok pagi, dan juga pihak PLN telah menyiapkan genset untuk mengantisipasi pemadaman,” tutupnya. (Jepi)

Komentar

Berita Lainnya