oleh

Pemkot Palembang Siapkan Lima Titik Lokasi Saksikan GMT

GMTPALEMBANG I Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) dapat disaksikan oleh masyarakat pada 9 Maret mendatang. Untuk dapat menyaksikan secara langsung GMT bagi masyarakat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menyiapkan lima titik khusus.

Bebrapa lokasi yang akan disiapkan seperti Jembatan Ampera, titik lain paling strategis untuk menyaksikan GMT, yakni Kampung Kapitan, Kampung Al-Munawar, Benteng Kuto Besak (BKB), hingga ke pelataran Pasar 16 Ilir Palembang.

“Sementara kita siapkan di lima titik tersebut. Sehingga warga yang ingin menyaksikan langsung dapat datang ke titik-titik yang disiapkan oleh pemerintah,”kata Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palembang Akhmad Mustain, Kamis (3/3/2016).

Pemkot Palembang juga akan menggelar shalat gerhana berjamaah yang digelar di Masjid Agung Palembang. Shalat akan digelar pukul 06.00 hingga selesai, kemudian secara bersama-sama masyarakat jajaran Pemerintah akan menyaksikan fenomena GMT.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Palembang Ahmad Zazuli menyebutkan, sejumlah even pada saat GMT ini digelar secara bersama dengan Pemprov Sumsel. Ia mengatakan Pemprov Sumsel memang lebih mampu untuk menarik perhatian bagi wisatawan baik lokal maupun asing.

‘Sedangkan Pemkot Palembang ini menyiapkan segala hal untuk even, mulai dari tempat, keamanan, juga apapun kebutuhan even. Jadi, ini even sharing dan harus dilakukan secara bersama,”kata dia

Untuk pembagian kacamata gratis, menurut Zazuli semuanya dikoordinir oleh Disbudpar Sumsel. Ia belum mendapatkan informasi bagaimana sistem pembagian kacamata gratis yang semuanya disiapkan dari pemerintah pusat.

“Apakah kacamata itu dibagikan melalui camat ke warga, atau akan dibagikan ke siswa di sekolah, atau juga hanya akan diberikan pada tamu undangan VIP ketika even. Semuanya ada di Disbudpar Sumsel dan kita belum dapat info,”pungkasnya. (Supardi)

Komentar

Berita Lainnya