pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Pemkot Palembang Segera Bangun Terowongan di Bawah Sungai Musi

52
×

Pemkot Palembang Segera Bangun Terowongan di Bawah Sungai Musi

Sebarkan artikel ini
sungai
pemkab muba

PALEMBANG I Sebagai Kota metropolis Palembang kembali menarik minat dari para investor baik dalam negeri maupun luar negeri, salah satu investor asal Tiongkok untuk menanamkan investasinya dengan membangun terowongan yang melintasi Sungai Musi. Rencananya terowongan ini akan dibangun di bagian Timur Kota Palembang atau berdekatan dengan jembatan Musi IV.

“Karena kita juga ada rencana untuk membuat jalan terowongan di sungai musi, hal ini upaya pemerintah dalam menciptkan transportasi yang nyaman dan aman,”kata Walikota Palembang H Harnojoyo, usai melakukan audiensi bersama PT Jakarta Mitra Graha, Selasa (15/3).

Menurut Harnojoyo, hanya saja pembangunan terowongan yang melintasi sungai musi ini terkendala karena banyak kapal besar yang setiap hari melintas di sungai musi. Ini yang menjadi hambatan dan Pemerintah akan melakukan pembelajaran.

Dijelaskan Harnojoyo, terowongan ini nantinya akan diterapkan sistem berbayar seperti jalan tol. Setiap kendaraan yang akan keluar dari terowongan tersebut akan membayar sesuai tarif yang ditentukan.

“Teknisnya nanti akan kita bahas bersama pihak terkait. Pastinya, terowongan ini akan terkoneksi dengan jalan lingkar Palembang,”jelasnya.

Proyek ini, kata Harno, akan jadi proyek yang spektakuler karena Palembang menjadi kota pertama di Indonesia yang membangun terowongan melintasi sungai. Hal ini untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi selama ini.

Pihaknya berharap, pembangunan sudah bisa dimulai dengan segera. Dalam rangka untuk mempercepat pembangunan kota Palembang sebelum Asian Games 2018. “Kita akan pelajari berapa investasi dari investor, apakah akan sharing atau murni semua dari investor. Pemko akan mempercepat perizinan, agar pembangunan juga dapat selesai sebelum Asian Games,”pungkasnya. (Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *