oleh

Pemkab OKI Mudahkan Urusan Kependudukan

Ogan Komering Ilir I Inovasi dalam pelayanan terhadap masyarakat terus ditingkatkan Pemkab OKI melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKI. Terbaru, inovasi yang dilakukan dalam pelayanan adalah Three in One service.

Kepala Disdukcapil OKI, Cholid Hamdan didampingi Kabid Pelayanan dan Catatan Sipil, Akbar mengatakan, three in one service sebenarnya telah dijalankan sejak Juli lalu.

“Tapi memang belum gencar disosialisasikan sehingga warga belum banyak yang mengetahuinya,” kata Cholid, Senin (13/8).

Dia menjelaskan, pada inovasi pelayanan ini, bagi siapa saja yang membuat atau mengurusi akta kelahiran langsung mendapatkan kartu keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Terpenting persyaratan yang dibawa lengkap. Biasanya dapat diselesaikan dalam waktu tiga hari hingga satu minggu sesuai jam kerja. Karena biasanya yang lama itu karena persyaratannya yang kurang lengkap,” terangnya.

Saat ini, pemohon yang membuat akta kelahiran cukup banyak. Bahkan dalam satu hari bisa capai 50 pemohon.

“Dengan cara ini tentu akan mempermudah masyarakat memiliki akta kelahiran yang merupakan haknya,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Kelahiran, Eti Herawati menambahkan bahwa, selain program tersebut diatas, pelayanan lain yang juga dilaksanakan ialah sistem  jemput bola. Dalam program ini banyak sekali yang tertarik.

“Setiap kita melakukan pelayanan jemput bola banyak sekali yang tertarik untuk membuat akta kelahiran. Seperti di Sungai Menang banyak warga yang datang, tapi belum melengkapi persyaratan,” ucapnya.(romi)

Komentar

Berita Lainnya