pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Pemkab Muba Jajaki Kerjasama Penggantian Lampu PJU

68
×

Pemkab Muba Jajaki Kerjasama Penggantian Lampu PJU

Sebarkan artikel ini
IMG-20190226-WA0034
pemkab muba

MUBA I Berbagai usaha untuk menghasilkan energi hijau yang terbarukan terus dilakukan, kali ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menjajaki kerjasama dengan PT Generasi Bangsa Indonesia untuk penggantian lampu penerangan jalan umum, fasilitas umum dan perkantoran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan Metoda EPC atau pembiayaan bertahap selama 5 hingga 20 tahun.

“Kami selaku perusahaan pemrakarsa yang menawarkan jasa penggantian menyeluruh lampu PJU dengan Metode EPC atau pembayaran bertahap yang menjamin biaya energi yang rendah, biaya investasi, biaya perawatan dan teknologi smart city untuk PJU”,  ucap perwakilan PT Generasi Bangsa Indonesia (Gasindo) Aria saat presentasi dihadapan Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi di Ruang Rapat Randik, Selasa (26/02/2019).

Dijelaskannya, kerjasama ini memegang prinsip saling menguntungkan, apabila study energi menghasilkan angka negatif atas ROI proyek penggantian lampu penerangan maka Pemkab Muba dibebaskan dari segala biaya studi energi yang dikeluarkan PT Generasi Bangsa Indonesia. Namun apabila ROInya angka positif maka seluruh biaya yang dikeluarkan akan mengikuti ketentuan Perpres Nomor 38 Tahun 2015 tentang kerjasama pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur.

“Ini merupakan solusi pembiayaan terbaik untuk mengurangi pemakaian energi tanpa mengurangi kualitas dan standar pencahayaan yang ada. Kami juga menjamin bahwa lampu tidak akan padam 2×24 jam jika terjadi kami akan dikenakan pinalti,”Katanya.

Menanggapi presentasi tersebut, Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan Pemkab muba menginginkan lampu jalan ini dinikmati semua orang namun kenyataan dilapangan banyak yang tidak hidup (rusak tidak dilaporkan). Hal ini merugikan Pemerintah yang setiap bulan membayar tagihan PLN berdasarkan jumlah titik lampu bukan jumlah pemakaian.

“Setelah mendengar presentasi tadi, kami tertarik membangun kerjasama dengan PT Gasindo dikarenakan tidak membebani APBD. penawaran yang diajukan ini akan  kami dipelajari dahulu,”katanya.

Apriyadi meminta rencana kerjasama ini dibicarakan terlebih dahulu secara detail dan jika sepakat akan ditindaklanjuti dengan penandatangan MOU antara Bupati Muba dengan PT Gasindo.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *