oleh

Pemkab Muara Enim Rancang Wilayah Agropolitan Semende

MUARA ENIM – Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) I Penyusunan rencana detail tata ruang dan KLHS kawasan Agropolitan Semende yang bertempat di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Kamis (17/9/2020).

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Sobirin SSTP menyampaikan, Penyusunan Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Kabupaten (RTR-KSK) bertujuan sebagai acuan untuk mengembangkan, melestarikan, melindungi, dan/atau mengkoordinasikan keterpaduan pembangunan nilai strategis kawasan dalam mendukung penataan ruang wilayah kabupaten, sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pemanfaatan ruang yang lebih rinci dan sebagai dasar pengendalian pemanfaatan ruang KSK.

Lanjutnya, Rencana detail RTR-KSK merupakan penjabaran dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten ke dalam rencana penataan ruang yang diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kabupaten terhadap Ekonomi, Sosial, Budaya lingkungan serta pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi kegiatan tinggi. Dan juga, di dalam RTRW Kabupaten Muara Enim Kecamatan di Semende dan Kecamatan Tanjung Agung ditetapkan sebagai kawsan strategis Kabupaten dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi yang di fokuskan pada perwujudan pengembangan kawasan agropolitan.

“FGD ini Memantapkan kawasan strategis yang mana inti dan kawasan mana yang menjadi kawasan penyangga, dalam hal ini untuk inti diusulkan Kecamatan SDL dan Tanjung Agung dan untuk kawasan penyangga Kecamatan Panang Enim, SDT, SDU, sektor apa saja yang menonjol dalam kawasan tersebut untuk diusulkan dan setelah ini akan ada FGD ke Dua,” urainya

Kegiatan ini di hadiri Dinas Bappeda, dan PUPR serta Camat Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah(SDT), Semende Darat Ulu (SDU), Camat Panang Enim, Camat Tanjung Agung serta Kades, BPD 5 Kecamatan, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya