oleh

Pemkab Lahat Dituntut Transparan Soal Penggunaan Dana Covid 19

Lahat | Sekelompok pemuda yang menamakan diri sebagai Koalisi Pemuda Lahat (KPL) menggelar aksi damai di Pemkab Lahat. Aksi ini bertujuan menuntut transparansi anggaran dan kejelasan kebijakan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lahat.

Koordinator Aksi Febri Walanda, mewakili Koalisi Pemuda Lahat (KPL) menyampaikan tuntutan kepada pemerintah Kabupaten Lahat.

Menangani Covid-19 dengan lebih serius dan membuat kebijakan yang tepat sasaran, efektif, dan efisien berdasarkan kajian ilmiah dalam melakukan penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lahat.

Adapun tuntutan tersebut mereka meminta gugus tugas memposting semua kegiatan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Lahat melalui website Covid-19 lahatkab.go.id sekecil apapun itu agar masyarakat luas bisa mengawasi setiap kinerja Pemkab Lahat dalam menangani Pandemi Covid-19.

Kemudian Membuka transparansi perihal penggunaan dana anggaran Covid-19 baik yang dikeluarkan oleh Pemkab Lahat maupun yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dan dana-dana CSR perusahaan yang dialokasikan untuk memberikan bantuan dalam penanganan Covid-19.

Febri Walanda mengatakan, mereka sudah memasukkan surat untuk beraudiensi dengan Bupati Lahat akan tetapi, hingga hari ini tidak ada tanggapan.

“Tiga minggu yang lalu kita sudah kirimkan surat untuk melakukan audiensi, tetapi hingga saat ini belum ditanggapi,”ujarnya.

Dirinya meminta, pemerintah untuk memenuhi semua tuntutan terkait transparansi anggaran Covid-19 Pemkab Lahat. ” Seharusnya ada rincian yang lebih jelas lagi yang memuat secara terperinci dan akuntabel apa saja yang sudah digunakan atau sudah dibelanjakan untuk apa saja anggaran dana Covid-19 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat ini,” tegas Febri Walanda.

Menanggapi aksi tersebut, Kasatpol PP dan Damkar, Fauzan mengapresiasi kepedulian kawan-kawan Pemuda Lahat dan menyetujui serta mendukung tuntutan dari kawan-kawan Koalisi Pemuda Lahat ini. “Kami sangat mengapresiasi kepedulian kawan kawan dan menyetujui serta mendukung tuntutan dari Koalisi Pemuda Lahat ini dan akan segera kami sampaikan kepada pak Bupati agar segera ditindaklanjuti,” ungkapnya. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya