pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
ADVERTORIALLahat

Pemkab dan DPRD Lahat Sinergi di HUT ke 155

157
×

Pemkab dan DPRD Lahat Sinergi di HUT ke 155

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Lahat – Hari ini tepat 20 Mei 2024 Kabupaten Lahat merayakan hari jadi. Tahun ini juga Bumi Seganti Setungguan genap berusia 155 tahun. Tidak sedikit prestasi yang telah diraih Lahat hingga tahun ini, hingga membawa nama Lahat jadi salah satu kabupaten/kota di Sumsel yang memiliki segudang prestasi. Prestasi tersebut mampu meningkatkan perekonomian pembangunan di Kabupaten Lahat sendiri. Hal tersebut dibeberkan saat Rapat Paripurna X Masa Persidangan Ketiga Tahun 2024 dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat ke 155 Perayaan XXVI Tahun 2024, yang digelar di Ruang Utama Sidang DPRD Lahat, Senin (20/5/2024).

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi mengatakan, 155 tahun jadi angka sejarah dan bermakna bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat. Dimana usia yang tidak lagi muda bagi suatu daerah ini menjadi kenangan serta renungan akan perjuangan para pahlawan terdahulu hingga pemerintahan menjadi generasi penerus dalam memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Lahat. Berbagai program pembangunan telah diupayakan hingga Lahat mampu menunjukkan jati dirinya di Sumsel dan kepada kabupaten/kota lainnya.

Dari pengendalian inflasi melalui pasar murah, penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting yang menurun, pemberian beasiswa, perekonomian terus tumbuh positif menyentuh angka 6,73 persen dan jadi kedua kab/kota se-Sumsel, penurunan angka pengangguran 3,41 persen tahun 2023, stunting dari tahun 2020 48,1 persen jadi 7,8 persen pada tahun 2023 dan terendah di sumsel, serta keuangan Pemkab meningkatkan pendapatan daerah Rp 2,2Triliun menjadi Rp 2,7Triliun tahun 2024.

“Selamat ulang tahun Bumi Seganti Setungguan ke 155 tahun. Terima kasih seluruh masyarakat dan stakeholder atas kerjasamanya yang mau bergotong royong untuk terus majukan Lahat dan mensejahterakan masyarakat. Lahat berfaedah dan bermartabat. Jadikan HUT ini untuk terus intropeksi diri, mawas diri dan evaluasi diri” ujar Farid.

Sementara Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST MSI MM mengatakan, bersama membangun Lahat berfaedah jadi momentum dan evaluasi dari segala sudut pandang untuk membangun kesejahteraan masyarakat. Lahat semakin terdepan diantara kab/ kota yang ada, dapat terwujud apabila segenap komponen masyarakat dan pemerintah bersatu kerja sama untuk menjaga suasana tertib, aman yang telah dijaga selama ini.

“Bertepatan dengan tahun politik pula, kami mengimbau kepada elemen masyarakat tidak mudah terprovokasi dan terpencah belah, pilihan boleh beda tapi tujuan tetap sama mewujudkan Lahat maju dan sejahtera. Sebagai generasi penerus pedoman petatah petitih Lahat jadikan seperti janji nunggu Kate betaroh, dan dek tau ngiloki Dide merusak jadilah,” pesan Fitrizal.

Selain itu Fitrizal juga mengucapkan selamat atas keberhasilan Pemkab Lahat atas penghargaan Adipura ke 10 kategori sedang, mempertahankan opini WTP dari BPK Sumsel 10 kali berturut-turut sebagai bentuk sinergi dan integritas legislatif.

“Motivasi semangat bersama meruwujudkan masyarakat sejahtera adil makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Tetap jaya, kita selalu mendapat Rahmat dalam melaksanakan pembangunan di Bumi Seganti Setungguan,” ungkapnya.

Disisi lain Pj Gubernur Sumsel Dr Drs A Fatoni MSI mengucapkan selamat HUT Lahat ke 155 tahun. Jadikan ini sebagai ucapan syukur dan mensyukuri segala nikmat yang telah di berikan dan dicapai. Disamping sebagai wahana instropeksi dan evaluasi, merencanakan kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang.

“Bersama-sama berkerja keras berkarya membangun sinergi menjaga persatuan persaudaraan yang jadi kekuatan untuk membangun daerah. Membangun daerah Lahat otomatis akan membawa nama Sumsel. Mari terus galakkan penanganan inflasi, kemiskinan , stunting dan lainnya demi masyarakat sejahtera,” ajaknya.

Rapat Paripurna X Masa Persidangan Ketiga Tahun 2024 dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Lahat ke 155 Perayaan XXVI Tahun 2024, juga turut dihadiri PJ Ketua TP PKK Sumsel, PJ Bupati maupun perwakilan kabupaten/kota SE Sumsel, serta unsur OPD dan Forkopimda Lahat. Sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *