pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Pemilu di Lahat Berjalan Aman

77
×

Pemilu di Lahat Berjalan Aman

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

LAHAT – Pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Lahat berlangsung aman, tertib dan damai. Bahkan Lahat zero konflik Pemilu.

Hal ini diperkuat dengan silaturahmi ketua partai politik di Kabupaten Lahat bersama Pj. Bupati Lahat yang digelar di rumah dinas (rumdin) Bupati lahat.

Nampak hadir pada acara itu Dandim 0405 Lahat Letnan Kolonel Inf. Asis Kamaruddin SE MIP, Kapolres Lahat, Sekda Lahat Chandra SH MM, Kadin Kominfo Lahat H. Rudi Darma Setiawan SE M.Si, Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Kaban Kesbangpol, serta Kasat Pol PP dan Damkar Heri Kurniawan S.STP MM.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid berharap agar seluruh masyarakat dapat menjaga iklim kondusif Pemilu. Ini dikarenakan Sumsel telah menyandang predikat zero konflik dan daerah yang toleran selama pelaksanaan Pemilu.

Selain itu. Pj. Bupati Lahat juga berharap kepada seluruh para kontestan politik beserta pendukung, mulai dari capres-cawapres, caleg DPR RI, DPRD provinsi, dan kabupaten agar mengikuti dan menaati aturan yang berlaku dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

“Saya minta agar semua pihak untuk saling menahan diri, menjaga dan menaati aturan dalam pelaksanaan Pemilu yang sudah ditetapkan,” pintanya, Senin (19/2/2024).

Komisioner KPU Lahat Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Eva Metriani SE mengatakan, penyelenggaraan Pemilu telah selesai. Saat ini memasuki tahap rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Melalui aplikasi Sirekap saat ini baru 35 persen suara yang masuk,” jelas dia.

Sementara, Ketua Bawaslu Lahat, Nana Priana menyampaikan, pihaknya terus melakukan  pengawasan dalam kegiatan rekapitulasi tingkat kecamatan. Disisi lain, disampaikan Nana untuk partai politik jika terdapat selisih dari hitungan saksi dengan hitungan KPU. Bawaslu juga mempunyai data pembanding.

“Bawaslu selalu terbuka untuk para peserta Pemilu ataupun tim partai politik jika ingin melaporkan hal-hal terkait Pemilu ke kantor kami,” terangnya.

Kapolres Lahat AKBP G. Parlasro Sinsitor Sinaga SH SIK MH mengatakan, tahapan saat ini adalah tahapan pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Terkait penyelenggaraan KPU, silahkan laksanakan sesuai dengan aturan.

“Ini tidak bisa menjadi tanggung jawab TNI dan Polri saja, namun ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga situasi yang kondusif,” harapnya. (Sfr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *