oleh

Pemerintah Diminta Mengkaji Sebelum Izinkan Konser dan Acara Besar

Beritamusi.co.id | Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah melakukan kajian mendalam sebelum mengizinkan penyelenggaraan acara-acara berskala besar seperti konser.

Dasco mengatakan, meski hal itu baik untuk menggerakkan roda perekonomian di tengah masyarakat, pemerintah juga mesti mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19.

“Sebenarnya itu bagus untuk menggerakkan roda perekonomian di masyarakat. Namun saya pikir pemerintah perlu membuat kajian mendalam tentang rencana berskala besar tersebut,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/9/2021), dikutip dari keterangan video.

“Karena kita jangan lupa, harus mewaspadai juga, ini bukan menakut-nakuti tapi mewaspadai juga karena sudah terjadi di beberapa negara itu lonjakan kasus Covid gelombang tiga,” ujar Dasco.

Oleh karena itu, menurut Dasco, pemerintah perlu membuat kajian dan aturan ketat, terutama mengenai penerapan protokol kesehatan, sebelum mengeluarkan izin kegiatan berskala besar.

Politikus Partai Gerindra itu juga mengingatkan, pemerintah mesti menyiapkan sanksi yang ketat bagi penyelenggara maupun peserta acara apabila melanggar ketentuan yang ada.

“Karena biar bagaimanapun kita tetap harus mewaspadai hal-hal yang terjadi di negara lain,” kata Dasco.

Pemerintah akan berikan izin penyelenggaraan kegiatan besar dengan kewajiban mengikuti pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan, seperti konser dan pameran besar.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor pariwisata.

Johnny mengatakan, kebijakan tersebut diambil usai mempertimbangkan perlunya mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif tetapi juga aman dari Covid-19.

“Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” kata Menkominfo Johnny G Plate dalam keterangan tertulis, Minggu (26/9/2021). (Kompas.com)

Komentar

Berita Lainnya