oleh

Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Kelurahan Tanjung Rancing Ditutup

OGAN KOMERING ILIR – Kegiatan program pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Tanjung Rancing, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) berupa pelatihan pemulasaran jenazah resmi ditutup, Kamis (29/10/2020).

Lurah Tanjung Rancing, Mat Hasan yang menutup acara tersebut mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini. “Program pemulasaran jenazah ini kita laksanakan selama 4 hari terhitung dari Senin dan di tutup hari kamis. Semoga apa yang telah didapat bisa digunakan atau dimanfaatkan di masyarakat terkhusus masyarakat kelurahan tanjung rancing,” ungkapnya.

Pada pelatihan ini, lanjut Mat Hasan, setiap RT mengirim 2 orang yang terdiri satu perempuan dan satu laki laki. “Berarti untuk sekarang ini setiap RT sudah ada petugas atau yang bisa memandikan jenazah, yang selama ini di Kelurahan Tanjung Rancing hanya ada dua orang petugas pemulasaraan jenazah,” ujarnya.

Setiap peserta yang mengikuti pemulasaraan jenazah ini diberikan meteri dan tata cara pengurusan jenazah dari mulai memandikan, mengkafani, dan mensholatkan hingga menguburkan.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan tugasnya pada acara ini dari mulai persiapan pelaksanaan hingga penutupan,dan untuk para peserta kami ucapkan selamat, semoga ilmu yang di dapat bisa di gunakan kedepanya,” katanya.

Selesai kegiatan, Lurah kelurahan tanjung Rancing Mat Hasan menghibahkan keranda serta tempat untuk pemandian Jenazah ke Masjid Nurul Huda RT 2 Kelurahan Tanjung rancing yang di terima langsung Ketua masjid Nurul Huda.

Sementara Harmizun, selaku instruktur mengatakan, pelaksanaan pemulasaran jenazah sudah selesai dilaksanakan. “Setelah kita berikan pelatihan ke masyarakat tentang pemulasaraan jenazah insyaallah untuk Kelurahan Tanjung Rancing tidak sulit lagi untuk mencari petugas pemulasaraan jenazah,” katanya.

Salah seorang peserta dalam program pelatihan pemulasaraan jenazah, H Syahri mengatakan, para peserta mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Lurah Tanjung Rancing yang telah melaksanakan acara yang sangat baik dan berguna ini. “Program yang diminta sama masyarakat dan ditanggapi oleh lurah, kami selama ini apabila ada warga yang meninggal hanya jadi pelayat dan penonton.namun dengan ilmu yang kami dapat sekarang ini kami akan bisa membantu dalam mengurus jenazah,” ungkapnya.

“Kalau selama ini apabila ada warga yang mendapat musibah kematian kita banyak berpangku tangan, karena untuk petugas yang bisa mengurus jenazah hanya ada satu atau dua orang. Namun setelah dilaksanakan kegiatan ini untuk Kelurahan Tanjung Rancing sudah banyak yang bisa pemulasaraan jenazah,” pungkasnya. (Jangmat)

Komentar

Berita Lainnya