pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Peduli Sungai, Walikota Apresiasi BBWS

47
×

Peduli Sungai, Walikota Apresiasi BBWS

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2021-10-01 at 08.29.56
pemkab muba

Palembang | Walikota Palembang, Harnojoyo berikan apresiasi besar kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dirjen Kemen-PUPR) melalui kepemimpinan Maryadi Utama.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Harnojoyo dalam Kegiatan Pemberdayaan Komunitas Peduli Sungai Peduli Banjir dan Lingkungan Kota Palembang bersama BBWS Sumatera VIII yang digelar di Harper Hotel Palembang.

Pasalnya, dengan kepedulian yang besar terhadap sungai dan lingkungan, BBWS Sumatera VIII sengaja rangkul komunitas Peduli Sungai Peduli

Banjir dan Lingkungan guna mengatasi permasalahan yang ada di kota Palembang, khsusnya terkait keresahan akan genangan air.

“Pak Maryadi ini baru bertugas tetapi sudah melaksanakan kegiatan yang cukup luar biasa dengan mengajak komunitas peduli sungai dan peduli banjir di kota Palembang kita ini,” kata Harnojoyo, Kamis 30 September 2021.

Disampaikan Harnojoyo, meskipun berbagai insfrastruktur telah banyak disiapkan, namun beberapa titik genangan air masih saja meresahkan dikala musim penghujan dengan debit air yang tinggi. “Seperti kita ketahui, saat ini cuaca yang tidak mendukung yakni musim hujan, banyak sekali genangan-genangan air yang terjadi akibat prilaku masyarakat,” ujarnya.

“Sebenarnya, infrastruktur sudah kita siapkan, seperti Sungai Bendung yang sampai 200 Miliar kita membuat pompanisasi, bahkan kapasitasnya 36 ribu liter per detik yang dapat mengurangi 17 titik genangan air di kota Palembang,” tambahnya.

Bahkan, lanjut Harnojoyo, Pemerintah kota Palembang juga telah merestorasi Sungai Sekanak Lambidaro dengan angaran 398 Miliar secara bertahap. “Tetapi kami mohon nanti jangan bertahap lagi untuk kedepannya, bila perlu Multiyears,” tuturnya.

Harnojoyo mengungkapkan, dengan target yang lebih cepat, keinginan atau harapan akan Sungai Sekanak Lambidaro sekaligus berbagai manfaaat Sungai Sekanak Lambidaro dapat segera terwujudkan.

“Bila cepat selesai mudah-mudahan sesuai yang kita harapkan, sungai sekanak lambidaro ini dapat nantinya menjadi tempat destinasi, pusat perekonomian dan lain sebagainya dapat segera terwujud,” ungkapnya.

“Kami juga senang sekali atas kehadiran komunitas peduli sungai dari Bali yang nantinya akan sharing dengan komunitas peduli sungai Palembang,” tambahnya.

Dikatakan Harnojoyo, dengan kegiatan Sharing yang akan dilakukan khsusunya terkait sekanak lambidaro, berbagai permasalahan yang terjadi di sungai diharapkan juga dapat segera diketahui. “Mudah-mudahan, kalau mereka ada di sana akan tahu permasalahan apa yang terjadi di sungai,” ucapnya.

“Sekali lagi kami sangat mengapresiasi untuk Kepala Balai Sungai Sumatera VIII yang pada hari ini telah bersama memulai untuk betul-betul mengoptimalkan sungai-sungai di kota Palembang, utamanya sungai Sekanak Lambidaro yang sedang kita restorasi,” pungkasnya. (Alam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *