oleh

PB PMII Kukuhkan Pengurus PC PMII Bangka Periode 2021-2022

PANGKALPINANG – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), secara resmi melantik Pengurus Cabang (PC) PMII Bangka Periode 2021-2022, yang bertempat di Asrama Haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beberapa waktu yang lalu.

Mengakhiri kegiatan Pelantikan PC PMII Bangka Periode 2021-2022, terdapat penyerahan cinderamata kepada Muhammad Bintang selaku Wakil Bendahara umum PB PMII Bidang Industri dan Wilayah Perkotaan, berupa buku karya Septiar Andrilaransyah yang berjudul Komunikasi Pembangunan dalam Media Cetak Lokal Studi Isi Pemberitaan Pemerintahan Kabupaten Bangka.

Cinderamata tersebut diberikan secara langsung oleh Charles Swarda selaku Ketua PC PMII Bangka Tahun 2021-2022. Charles mengapresiasi karya buku tersebut yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan menginspirasi kepada pembaca. Sebagai bentuk penghargaan, mereka akan mengadakan bedah buku, yang bertujuan untuk  menambah wawasan kader PMII Bangka Belitung, Sabtu (25/12/2021).

“Kegiatan ini Insya Allah akan menjadi agenda rutinitas PC PMII Bangka, karena Saya selaku Ketua PC PMII Bangka, merasa bangga, dan sangat apresiasi, bahkan saya tidak pernah terpikiran sama sekali, bahwa kader PC PMII Bangka mampu menghasilkan karya yang orang lain belum tentu bisa untuk membuatnya,” ungkap Charles.

Orang-orang mengira, Apa yang diraih oleh Septiar  dapat diarih dengan mudah, namun Charles menolak anggapan tersebut, karena tidak banyak yang mengetahui lika-liku perjuangannya.

“Saya pernah bertanya dengan Sahabat Septiar terkait hasil karyanya, Karya tersebut berawal dari pandemi Corona Virus Diases (COVID-19) yang masuk ke Indonesia pada awal bulan Maret Tahun 2020, hal tersebut membuat semua aktivitas masyarakat dibatasi, sehingga sahabat Septiar tidak memiliki kegiatan di luar rumah. Tak butuh waktu lama Ia mendapatkan tawaran untuk menulis Jurnal oleh Dosen Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka,” kata Charles.

Tawaran itu Ia terima, dan tanpa pikir panjang Ia langsung bergegas untuk mengerjakannya. Tahap pertama Ia harus mencari berita yang di muat oleh koran Bangka Pos, koran Rakyat Pos dan koran Babel Pos, Edisi Bulan Desember Tahun 2019, setelah koran tersebut terkumpul, Ia langsung memilih dan memilah berita tersebut.

“Setelah memilah dan memilih tumpukkan koran, akhirnya Ia mengumpulkan berita sebanyak 118 buah. Tahap selanjutnya setiap berita akan di masukan ke dalam lembar cooding atau lembar instrumen yang berisi 10 indikator, lalu data tersebut di olah secara kaidah ilmiah,” ungkapnya.

Tahap terakhir adalah tahapan editing, menambah, mencari dan mengelola data tersebut sehingga menjadi tulisan bersama Suryani, setelah tulisan selesai, Jurnal tersebut di daftar untuk mengikuti ajang The International Conference on Enviromental and Technology of Bussines and Education on Post COVID-19 (ICETOBE – 2020), setelah mengikuti ajang tersebut lalu tulisan tersebut di kirim ke penerbit untuk di jadikan buku.

“Cerita ini bukan bermaksud untuk menyombongkan diri kepada orang lain, namun dari cerita beliau ini dapat kita ambil kisah semangatnya, dan tidak pernah menyerah pada situasi apapun, termasuk kondisi di pandemi COVID-19 yang menuntut kita untuk saling produktif,” tegasnya.

Septiar memiliki banyak tulisan di media massa, menghasilkan 2 jurnal dan 1 buku, Semoga karya beliau dapat menjadi panutan dan contoh untuk kita semua terkhusus kader PC PMII Bangka. “Saya doakan semoga buku beliau banyak di minati oleh banyak orang, dan dimudahkan rezekinya untuk dapat melanjutkan pendidikan S2 Amin,” tandasnya. (egi)

Komentar

Berita Lainnya