oleh

Pasutri di Muratara Terlibat Jaringan Narkoba Internasional

MUSIRAWAS – Petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Musirawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil meringkus empat orang tersangka yang diduga merupakan bandar narkoba jaringan internasional. Dari tangan para tersangaka ini, petugas berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 2,1 kilogram.

Menariknya lagi, dua dari empat tersangka merupakan pasangan suami istri (Pasutri) yang berperan sebagai pengedali peredaran gelap narkoba jenis sabu-sabu baik dari Malaysia masuk kebeberapa daerah di Sumatera Selatan.

“Berawal dari Informasi masyarakat, melaporkan ke Kepala BNN Linggau bapak AKBP Himawan kalau ada pengendara Inova B. 2274. SBT melintas wilayah hukum Polres Mura membawa narkoba. Lantas, menerima informasi itu kita BNN Mura bergerak melakukan pengejaran, hingga akhirnya tepat di simpang semambang, kita berhasil amankan AH dan EH bersama Bb 2 paket plastik produk Tea China yang di dalamnya berisi serbuk kristal sabu seberat 2,109 gram atau sekitar 2 Kg lebih,”jelas Kepala BNN Mura, Hendra Amaoer saat pemusnahan barang bukti narkoba, Selasa (27/10/2020).

Dari hasil pengembangan terhadap tersangaka AH dan EH, personel langsung memburu tersangka lainnya EE alias D berlokasi di Desa Remban Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara Sumatera Selatan yang merupakan pemilik paket sabu. Alhasil, setiba di kediamanya petugas mengamankan EE alias D bersama Istrinya DS alias T yang diketahui berperan sebagai pengendali peredaran narkoba dari Malaysia masuk ke sejumlah daerah di Sumsel.

“Setelah mengamana AG dan EH, kita mengerbek sebuah rumah. Disana kita amankan EE alias D merupakan Bandar pemilik paket sabu-sabu, bersama  wanita tidak lain istrinya yakni DS alias T yang merupakan berperan penghubung  Bandar besar di Malaysia,” bebernya.

“Untuk kesempatan pemusnaan BB kali ini, sebanyak 198 gram dibawa untuk uji lab forensik Polda Sumsel, kemudian sisanya 1,988 gram sebagai yang kita belender atau musnakan. Sedangkan untuk, empat tersangka kita jerat Pasal 114 ayat 2, Jo to 112 Ayat 1, 112 Ayat 2 Undang Undang Narkotika No 53 Tahun 2009 tentang penyalagunaan narkotika,” bebernya.

Sementara itu, Pjs Bupati Mura Ahmad Rizali mengapresiasi keberahasilan BNN Mura meringkus bandar sabu jaringan International. “Kami Pemda Mura sangat Apresiasi keberhasil BNN Mura, yakni dengan telah sukses ungkap kasus penyalagunaan Narkoba menagkap 4 orang tersangka dengan BB cukup banyak 2 Kg lebih, yang mana semua Bb telah di Musnakan dengan cara diblender,” terang Ahmad Rizali.

Selain itu, Ahmad Rizali dengan tegas meminta aprat penegak hukum (APH) yakni Kejaksaan untuk kembali mengawal perkara ini di persidangan. “Saya pun di sini mewaliki Pemda, menitipkan agar proses keberhasilan BNN Mura, kepada Kepala Kejaksaan agar memberikan hukum setimpal sesuai dengan perbuatan para tersangka nantinya proses hukum diperadilan,” tegasnya. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya