oleh

Pastikan Tidak Ada Penerima Fiktif, Komisi II DPRD Babel Tinjau Kelompok Tani di Belinyu

BELINYU – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adet Mastur melakukan peninjauan kelompok tani Gunung Asam di Kelurahan Gunung Asam, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Peninjauan ini dilakukan guna memastikan kesiapan Kelompok Tani Gunung Asam dalam menerima bantuan sapi dan bibit pakan ternak.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi II DPRD Babel, Adet Mastur mengatakan, peninjauan ke Kelompok Tani Gunung Asam ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kejelasan para kelompok tani yang akan menerima bantuan sapi dan bibit rumput pakan ternak, sehingga kelompok tani yang menerima bantuan ini tidak ada yang fiktif.

“Tahun ini ada bantuan dari Pemerintah Provinsi kepada kelompok tani yaitu, 10 ekor sapi betina dan 1250 polibek bibit rumput gajah sebagai pakan sapi,” kata Adet Mastur didampingi Anggota Komisi II DPRD Babel, Heryawandi belum lama ini.

Dia berharap, bantuan tersebut dapat dikelola dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menumbuh kembangkan ternak sapi dan juga dapat memenuhi kebutuhan daging sapi disaat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di Provinsi Babel.

Selain itu, dia juga berharap, bantuan sapi dan bibit pakan ternak ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat program Provinsi Babel menuju daerah swasembada daging sapi

“Kita kan ingin sapi di Babel ini tumbuh berkembang, dari 10 menjadi 20, 20 menjadi 40. nanti cita-cita Bangka Belitung ini menjadi Provinsi swasembada daging itu betul-betul terkabulkan, lewat bantuan dan para petani-petani ini,” harapnya.

Memanfaatkan lahan eks tambang, Kelompok Tani Gunung Asam terus berusaha mengelola lahan tersebut dengan menabur bibit ikan Nila, Toman dan Gurame.

Tak hanya itu, nampak disekeliling lahan eks tambang tersebut ditanami pohon kelapa sawit dan juga telah tersedianya kandang sapi, rumah bibit dan tempat menyimpan pupuk beserta peralatan pertanian.

“Bagi yang berhasil maka akan kami kasih reward, bagi yang berhasil. Tapi, bagi yang tidak berhasil dengan berbagai macam alasan maka akan kami kasih punisment, punishment nya tidak dapat lagi bantuan,” ucap Adet.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Gunung Asam, Agus Laminto, menyambut baik kunjungan Komisi II DPRD Babel. Dia pun mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kunjungan komisi II DPRD ke ke tempat kelompok Tani Gunung Asam.

“Kawasan hutan yang kami kelola ini kan lahan eks tambang, bukan tanah bagus jadi butuh kompos. Jadi nanti dari hasil kotoran ternak itu bisa kami buat kompos”, jelasnya. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya