oleh

Pastikan Layanan Optimal Selama Libur Lebaran, Direksi Tinjau Langsung Layanan BRI

Jakarta | BRI terus berkomitmen untuk terus memberikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Lebaran Tahun 2022. Untuk memastikan hal tersebut, jajaran Direksi dan manajemen BRI memastikan langsung layanan BRI baik layanan terbatas di Unit Kerja Operasional BRI maupun e-channel BRI dapat digunakan oleh nasabah dengan baik. Untuk memastikan hal tersebut, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto meninjau beberapa layanan terbatas dan e-channel BRI di beberapa Kantor Cabang BRI di Jakarta.

Seperti diketahui bahwa selama periode libur lebaran BRI tetap melayani nasabahnya baik melalui layanan terbatas, jaringan e-channel, layanan digital banking (BRImo, Internet Banking BRI, mobile banking), hingga layanan transaksi di AgenBRILink.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa BRI menyediakan layanan terbatas Idul Fitri oleh Unit Kerja Operasional BRI yang beroperasi pada tanggal 30 April, 4 Mei, dan 7 Mei 2022. “Layanan terbatas BRI kali ini dihadirkan melalui 196 Unit Kerja Operasional (UKO), dimana masyarakat tetap dapat melakukan beragam transaksi perbankan, seperti penarikan dan penyetoran simpanan & pinjaman, registrasi e-banking BRI, dan complaint handling. Adapun daftar unit layanan terbatas ini dapat diakses di website resmi BRI (http://bri.co.id/layanan-lebaran-2022 )”, ungkapnya.

Di samping itu, layanan terbatas BRI juga melayani penebusan setoran BBM/Non BBM Pertamina di 137 kantor, pelayanan pick up service ASDP di 37 kantor, layanan cash pick-up dan delivery PT Pos Indonesia, serta pelayanan penyaluran gaji pensiun oleh Taspen dan Asabri. Selanjutnya, guna memenuhi kebutuhan masyarakat pada momen Lebaran, BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di 20 Kantor Cabang BRI di Jabodetabek yang telah mulai dilaksanakan pada tanggal 4 April lalu hingga menjelang libur pada tanggal 29 April”, ungkap Catur.

Di samping itu, masyarakat pun memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI lainnya, melalui jaringan e-channel BRI yakni melalui 14.425 ATM, 7.407 CRM, 207 ribu EDC. BRI juga memastikan layanan e-channel dapat berjalan lancar selama periode libur Lebaran, salah satunya melalui pelaksanaan program BRI Gerakan E-Channel Siaga Terpadu (BRIGesit) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2022. Dalam program ini BRI membentuk task force guna memastikan masyarakat merasa nyaman dan aman dalam mengakses layanan BRI di tengah peningkatan aktivitas ekonomi.

Catur mengatakan BRIGesit RAFI merupakan operasi kesiapan seluruh perangkat e-Channel BRI seperti ATM, CRM dan EDC pada saat Ramadan dan Lebaran 1443 H. “Kita ketahui bersama momentum Ramadan, dan Idul Fitri ini selalu diiringi dengan peningkatan transaksi di tengah masyarakat baik di kota-kota besar hingga ke daerah-daerah terutama tujuan mudik. Karena itu melalui BRIGesit RAFI kami ingin memastikan layanan operasional berjalan lancar,” katanya.

Dalam program ini, task force diberi tugas khusus untuk memonitor dan melakukan follow up kepada vendor maupun berkoordinasi dengan Kantor BRI terkait untuk mempercepat penanganan problem e-channel. Program tersebut menjadi komitmen perseroan untuk selalu memberikan layanan prima bagi masyarakat di bulan Ramadan hingga H+10 lebaran. Hal itu dilakukan mengingat peningkatan transaksi ekonomi yang dilakukan masyarakat menjelang dan beberapa hari setelah hari raya Idul Fitri.

Namun demikian, BRI juga terus menghimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain layanan internet banking BRI, layanan digital banking BRI yang digemari masyarakat adalah dengan Super Apps BRImo. “Saat ini, transaksi layanan digital BRI memberikan kemudahan nasabah untuk mengakses layanan keuangan yang dibutuhkan nasabah kapanpun dan dimanapun dengan lebih praktis”, ungkapnya.

Selain layanan di puluhan ribu jaringan e-channel BRI dan Super Apps BRImo, masyarakat juga tetap dapat bertransaksi  melalui lebih dari 539 ribu AgenBRILink yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui AgenBRILink, nasabah dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, dan berbagai transaksi lainnya. Melalui kemudahan akses layanan perbankan, AgenBRILink dapat menjangkau masyarakat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, untuk menghadapi libur lebaran 1443 H atau tahun 2022, BRI juga menyiapkan uang tunai senilai Rp46,85 triliun. Angka tersebut meningkat cukup signifikan sebesar 73,5% jika dibandingkan momen periode Idul Fitri tahun lalu. “Peningkatan jumlah penyediaan kas pada momen Lebaran kali ini disebabkan faktor kebijakan pemerintah yang meniadakan larangan mudik lebaran tahun ini. Selain itu, adanya penambahan cuti bersama juga diproyeksikan turut mendukung lonjakan angka penyiapan uang tunai pada momen Idul Fitri tahun ini”, tambahnya.

Lebih lanjut Catur mengungkapkan, BRI juga tak henti-hentinya untuk mengedukasi para nasabahnya agar senantiasa waspada dan berhati-hati untuk bertransaksi, mengingat semakin beragamnya modus kejahatan perbankan. Oleh sebab itu, BRI menghimbau nasabah, agar lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM dan juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor CVV kartu dan kode OTP (One Time Password) transaksi kepada pihak manapun, termasuk yang mengatasnamakan BRI.

Selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, BRI juga tetap berkomitmen menjaga service level yang sama untuk layanan pelanggan melalui Contact BRI. “Layanan pelanggan BRI tetap dapat diakses melalui Call Center 14017 / 1500017, SMS atau WhatsApp Sabrina di nomor 0812-12-14017, email callbri@bri.co.id, pesan IB Web melalui internet banking dan BRImo Complaint in App dan akun-akun media sosial kami, di mana agen-agen kami siap melayani nasabah 24 jam sehari,” tutup Catur.(Romi/Ril)

Komentar

Berita Lainnya