pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Pangkalan LPG 3 Kilo Nakal di Lahat Ini Kata Pertamina

115
×

Pangkalan LPG 3 Kilo Nakal di Lahat Ini Kata Pertamina

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Lahat-Beredarnya informasi emak emak yang kesulitan mendapatkan Tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) berisi 3 kilogram (kg), di Lahat, membuat pihak Pertamina angkat bicara. Terhentinya pasukan gas melon tersebut lantaran pada tanggal 1 dan 7 Mei 2024, merupakan ‘tanggal merah’.

Hal tersebut seperti diterangkan Sales Branch Manager IV Sumsel Pertamina, Nanda Septiantoro. Dikatakan Nanda, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemda Lahat terkait adanya isu kelangkaan gas LPG tiga kilo di Lahat. Menurutnya, memang terjadi hambatan pasokan lantaran pada tanggal 1 dan 7 Mei 2024 merupakan hari libur atau tanggal merah.

“Ya sebenarnya tidak langkah atau terjadi pengurangan. Namun memang ada hambatan pasokan karena tanggal merah karena tidak ada kuota pengiriman, “sampai Nanda, yang membawahi pemasaran wilayah Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Musi Rawas dan Misi Rawas Utara, Kamis (9/5/2024).

Dikatakan Nanda, untuk di Kabupaten Lahat sendiri pihaknya melakukan penambahan di tanggal 7 dan 9 Mei 2024 sebanyak 11.760 gas LPG tiga kilo. “Hari ini kan tanggal merah jadi warga tidak usah resah ada 2800 tabung yang disebar di Lahat. Untuk kalau sendiri disaat hari hari normal perharinya dipasok sembilan ribu tabung gas LPG, ” Sampainya.

Dengan adanya penambahan tersebut warga tidak perlu panik dan LPG itu selalu ada. Di sisi lain, Nanda meminta agar pangkalan pangkalan LPG di menyalurkannya. Disisi lain, Nanda mewarning pangkalan agar tidak berbuat curang atau tidak sesuai SOP. Jika ditemukan pihaknya tidak akan segan segan melakukan tindakan tegas dengan pemutusan hubungan usaha (PHU).

“Ya kita akan terus pantau dan pangkalan yang terbukti nakal akan kita PHU. Dan kepada masyarakat dihimbau untuk membeli LPG 3 Kg di pangkalan resmi Pertamina yang terjamin harga dan kualitasnya, serta tidak membeli LPG 3 Kg di pengecer atau warung,”sampainya.

Ditambahkanya, Pertamina juga mengajak masyarakat untuk dapat menggunakan LPG sesuai peruntukannya, dimana LPG 3 Kg merupakan produk subsidi yang ditujukan khusus masyarakat yang kurang mampu. Serta menggunakan LPG Nonsubsidi seperti Brightgas 5,5 Kg dan 12 Kg bagi masyarakat mampu dan pelaku usaha non mikro.

Sebelumnya, awal Mei 2024 ini beredar informasi terkait sulitnya emak emak mencari gas LPG tiga kilo. Jika pun ada, warga harus mengantri hingga berjam jam. “Ya yang kami rasakan beberapa hari lalu memang susah mendapatkan LPG di Kota Lahat khususnya. Tapi sekarang sudah lancar lagi, ” Kata Novi, salah satu ibu rumah tangga di Lahat. Sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *