oleh

Palembang Siapkan Aturan untuk PSBB

Palembang | Pemkot kini tengah menyiapkan instruksi Walikota sebagai salah satu aturan yang lebih mengikat daripada Surat Edaran bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 

Instruksi Walikota ini disebut sebagai persiapan kota Palembang jelang pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sekda Ratu Dewa yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 untuk kota Palembang mengatakan jika pada Senin besok, pihaknya akan menggagas rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) untuk menyusun aturan terkait PSBB di kota Palembang

“Kita segera rapat dan siapkan. Apa yang boleh, apa yang tidak boleh dilakukan jika nanti diberlakukan PSBB di kota Palembang,”ungkap Ratu Dewa, Minggu (19/4). 

Apakah ini artinya PSBB segera diberlakukan? Ratu Dewa menyebut jika saat ini sejumlah kriteria sudah dipenuhi oleh Palembang untuk itu.

Mulai dari peningkatan kasus, penyebaran kasus, jumlah transmisi lokal, termasuk persiapan dan kesiapan jaringan pengamanan sosial seperti kebutuhan dasar bagi masyarakat, sarana prasarana kesehatan, juga keamanan.

“Kriteria sudah dipenuhi, hanya tinggal dilengkapi sedikit. Kalau dalam minggu ini lengkap, kita akan ajukan ke Gubernur untuk kemudian diteruskan ke Kementerian Kesehatan dan dijalankan (PSBB),”jelas Dewa.

Kelengkapan terkait seperti data yang presisi mengenai Covid-19 akan sangat dibutuhkan.

Mengingat, di beberapa daerah lain, Kementerian Kesehatan menolak pengajuan PSBB karena dinilai belum cukup layak dan tidak didukung data yang baik. (ALAM)

Komentar

Berita Lainnya