pemkab muba pemkab muba
Palembang

Palembang Raih Penghargaan Kota Terinovatif 2023

114
×

Palembang Raih Penghargaan Kota Terinovatif 2023

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Pemkot Palembang meraih penghargaan Kota Terinovatif tahun 2023.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan diterima oleh Pejabat (Pj) Walikota Palembang Ratu Dewa, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri.

Inovasi yang diajukan Palembang adalah aplikasi Sidemang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang dan inovasi dapur tanggap gercep bestie di Puskesmas Makrayu melalui Dinas Kesehatan.

Sidemang merupakan aplikasi secara online untuk pelayanan kepada masyarakat di tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Palembang. Adapun dapur tanggap gercep bestie merupakan inovasi Dinkes Palembang dalam upaya mencegah anak-anak kekurangan gizi dan stunting, dengan memberikan makanan tambahan

Ada 10 kota penerima penghargaan Kota Terinovatif 2023, yaitu Kota Palembang, Mojokerto, Mataram, Bekasi, Semarang, Makassar, Cimahi, Sawah Lunto, Bandar lampung dan Kota Pariaman.

Kegiatan tersebut menghadirkan juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menghadiri Innovative Government Award (IGA) 2023 di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Dengan semangat inovasi yang terus ditingkatkan, diharapkan pemerintahan di seluruh Indonesia dapat terus bertransformasi menuju yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Innovative Government Award (IGA) menjadi salah satu wujud nyata apresiasi terhadap upaya-upaya tersebut, serta menjadi pendorong semangat berinovasi di seluruh lapisan pemerintahan. Penghargaan IGA 2023 diserahkan pada 95 pemerintah daerah yang terbagi dalam 11 kategori.

Pada kesempatan tersebut, Menteri PANRB memberikan arahan pada para kepala daerah, dilanjutkan penyerahan penghargaan IGA 2023 kategori daerah tertinggal dan perbatasan terinovatif bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Penghargaan yang dilaksanakan sejak tahun 2007 tersebut merupakan penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah menerapkan inovasi perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *