oleh

‘Otak Jenius Pep Guardiola Setara Einstein’

Pep Guardiola (REUTERS/Alessandro Bianchi)
Pep Guardiola (REUTERS/Alessandro Bianchi)

JAKARTA I Pujian terhadap Pep Guardiola terus mengalir, tak terkecuali dari mantan asuhnya di Barcelona, Dani Alves. Pemain internaional Brasil itu menilai kejeniusan pelatih asal Spanyol itu setara dengan ilmuwan tersohor Albert Einstein.

Alvez pernah mencicipi pengalaman diasuh Guardiola selama empat musim di Camp Nou dan berhasil memenangkan tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions (2008-2009 dan 2010-2011).

Kesuksesan Guardiola pun berlanjut di Bayern Munich. Pria 45 tahun itu menyapu bersih gelar Bundesliga selama dua musim beruntun, namun belum mampu menyumbangkan titel bergengsi di Eropa; Liga Champions.

Prestasi gemilang Guardiola dinilai bakal berlanjut di Manchester City musim depan setelah mengambil alih kursi kepelatihan dari tangan Manuel Pellegrini.

“Rahasianya adalah dia membuat Anda melihat persoalan¬†dengan cara yang berbeda. Dia adalah seorang Einstein di dunia sepak bola,” kata Alves kepada The Times.

“Guardiola gemar pindah ke sebuah tempat di mana ia dapat membuat perubahan besar. Saya tidak ragu dia akan meraih prestasi karena dia orang yang gila sepak bola.”

Menurut Alves, Liga Inggris adalah tempat ideal bagi Guardiola yang bersedia menerima perubahan. ManCity, yang beberapa tahun terakhir hanya mampu berbicara di kompetisi domestik bakal menjelma menjadi tim yang disegani di Liga Champions.

Skuat The Citizens diyakini akan mengalami perombakan pemain sesuai dengan karakter yang dibutuhkan Guardiola untuk menantang gelar tertinggi di Eropa. (CNN)

Komentar

Berita Lainnya