pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Muba Komitmen Turunkan Angka Kemiskinan di Bawah 15 Persen

29
×

Muba Komitmen Turunkan Angka Kemiskinan di Bawah 15 Persen

Sebarkan artikel ini
IMG-20190116-WA0055
pemkab muba

Palembang I Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), telah berkomitmen untuk menurunkan angka kemiskinan dibawah 15 persen. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Tahun 2018-2023 di Hotel Santika Premiere Palembang, Rabu (16/1/2019).

Untuk mewujudkan target tersebut kata Wabup, pihaknya sudah sejak membentuk Tim Koordinasi Pengendalian Kemiskinan. “Kita sudah lama bentuk tim dan hasilnya, sejak 10 tahun belakangan angka kemiskinan di Muba bertahap terus turun, dan berdasarkan survei ekonomi nasional per-Maret tahun 2018 di Kabupaten Muba terjadi penurunan angka kemiskinan dibandingkan tahun 2017 yakni 16,75 persen turun sebesar 0,23 persen menjadi 16,52 persen dengan total jumlah penduduk miskin 105.149 jiwa,” ungkap Beni Hernedi.

Dikatakan, OPD dan Tim Koordinasi Pengendalian Kemiskinan sudah bekerja dengan baik. Dari 51,63 persen kepala rumah tangga miskin di Muba lapangan pekerjaannya di sektor perkebunan.”Daya beli masyarakat Muba tergantung dengan pendapatannya yang saat ini, terlebih kondisi saat ini harga dunia karet dan sawit cenderung rendah,” urainya.

Dikatakan Beni, kebijakan yang diambil selama ini dinilai tepat sasaran diantaranya memperbaiki infrastruktur jalan, membentuk UPPB/pasar lelang hasil perkebunan.

“Dengan luasan topografi Muba ini menyebabkan rantai pasok panjang untuk itulah kami gencar membangun infrastruktur ini salah satu tujuannya untuk itu memutuskan rantainya, banyak upaya yang sudah dilakukan termasuk Muba sebagai pilot project peremajaan lahan sawit dan pembangunan jalan aspal berbahan campuran karet,” tambahnya.

Beni menambahkan, pihak Provinsi seharusnya juga memberikan apresiasi terhadap daerah yang konsisten setiap tahun menurunkan angka kemiskinan. “Target kita di tahun ini, angka kemiskinan Muba turun hingga dibawah 15 persen,” tegasnya.

Kepala Bappeda Muba, Yusuf Amilin menyebutkan, berdasarkan data dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2018 dalam kurun 11 tahun Pemerintah Musi Banyuasin dapat menurunkan angka kemiskinan sebesar lebih kurang 17 persen.

“Dan bila dilihat dari kinerja pemda merupakan prestasi yang perlu diapresiasi, dan juga Pemda Muba sangat konsen dalam menurunkan angka kemiskinan ini,  ini terbukti dari beberapa program yang dilakukan seperti replanting sawit, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan dan peningkatan pelayanan dasar,  membentuk UPPB karet dan kebijakan aspal karet,” jelasnya. (romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *