oleh

Muba Buka Loker Besar-besaran Bagi Putra Daerah

MUSI BANYUASIN – Kabar gembira bagi para pencari kerja ber KTP Musi Banyuasin hadir di saat pandemi Covid19 melanda. Pemerintah kembali hadir memfasilitasi  warga Muba yang berminat  berkarir di perusahaan terkemuka di Indonesia.

Dalam waktu dekat, Pemkab Muba yang dipimpin  Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA ini,  membuka lowongan kerja bagi fresh graduate lulusan SMK Teknik hingga tamatan strata I.

“Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Musi Banyuasin menyediakan lowongan kerja khsusus bagi para lulusan SMK jurusan Teknik  lulusan Tahun 2019-2021.  Pelaksanaan akan diumumkan hari ini ( Jumat)  melalui akun resmi media sosial facebook dan instagram  Disnaker Muba. Penerimaan berkas lamaran dimulai 31 Mei-11 juni 2021,” ungkap Kepala Disnakertrans Muba, Mursalin SE MM.

Program rekrutmen pola ikatan dinas dan full scholarship ini merupakan program prioritas unggulan dan utama Bupati Musi Banyuasin. “Para pencari kerja warga Musi Banyuasin dapat diterima di level skill dan manajemen karena mempunyai kualifikasi dan sertifikasi yang dibutuhkan oleh pasar kerja industri,” terangnya.

Lanjutnya, lowongan kerja datang dari perusahaan listrik PT. DSSP Power yang berlokasi di Bayung Lencir PT. DSSP Power merupakan perusahaan terkemuka di bidang energi dan infrastruktur di Indonesia.

“Perusahaan yang beroperasi di Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin ini bergerak di bidang pengoperasian dan pemeliharaan pembangkit listrik. Kita sudah menindaklanjuti permintaan dari PT. DSSP Power Sumsel tentang rekrutmen tenaga kerja,” tambah Mursalin.

Ia menyebutkan loker  merupakan komitmen dari manajemen perusahaan menindaklanjuti perjanjian kerjasama ketenagakerjaan dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta kesepakatan bersama (MoU) antara  Bupati Musi Banyuasin dengan PT. DSSP Power Sumsel.

“Kemudian, perseroan membuka kesempatan dan prioritas bagi putra-putri terbaik lulusan SMA/SMK dan D3/ S1 dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin untuk bergabung dalam program pendidikan dan pelatihan khusus untuk berkarya di pembangkit listrik perseroan,” tukasnya.

“Program pendidikan dan pelatihan khusus yang dikembangkan  terbagi dalam 2 (dua) kategori dan tahap, Tahap pertama yaitu program Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL) untuk melatih tenaga teknik level operator dan teknisi.  Tahap kedua program Engineering Development Program (EDP) yang mendidik sarjana teknik  lulusan D3/S1 menjadi asisten/foreman,” urainya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menyebutkan rekrurmen dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan putra daerah asli Muba  mendapatkan pekerjaan. “Melalui program ini, mereka tidak hanya bisa mendapat kerja saja tetapi mendapatkan pelatihan untuk mengasah skill yang dimiliki,” tegasnya.

Kepala Daerah Inovatif ini menambahkan, dengan pola yang diterapkan tersebut serapan tenaga kerja asal Muba dapat berjalan baik dan maksimal. “Selain itu mereka bisa mengabdi di daerah sendiri dan mengurangi angka pengangguran di daerah yang kita cintai ini,” tandasnya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya