oleh

Muara Enim Siap Hadapi Karhutla

Muara Enim | Pelaksanaan Tugas (Plt) Bupati Muara Enim H Juarsah SH, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) mendengarkan arahan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Polisi Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, dan Wakil Gubernur Sumsel Ir H Mawardi Yahya, terkait pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di Ruang Video Conference (Vidcon) Polres Muara Enim, Rabu (17/06).

Plt Bupati bersama Kapolres Muara Enim, AKBP Donni Eka Syaputra serta Kasdim 0404 Mayor Infantri Surobin, dan Forkompimda Muara Enim lainnya, menyatakan kesiapan Kabupaten Muara Enim menghadapi musim kemarau yang biasa datang setiap tahunnya, dan siap mencegah terjadinya Karhutla.

Dalam arahannya, Kapolda Sumsel selaku Wakil Komandan Satuan Tugas Karhutla, mengatakan, Vidcon ini merupakan bentuk komunikasi dan koordinasi bersama antar semua lapisan baik di provinsi hingga Kabupaten / Kota. 

Sehingga, persiapan sedini mungkin bisa dilakukan baik dari sisi ketersediaan peralatan dan kekuatan personil dalam mencegah ancaman Karhutla. Apalagi musim kemarau diprediksi datang pada bulan Juli 2020 hingga Desember 2020.

“Konsep pencegahan Karhutla merupakan cara yang baik, bagaimana mencegah ancaman Karhutla sehingga tidak ada biaya besar,” kata Kapolda.

“Pangdam II Sriwijaya menambahkan bahwa Pihaknya dengan jumlah 1000 personel siap mendukung dalam pencegahan terjadinya Karhutla,”katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru, dalam testimoninya, mengajak masyarakat Sumsel untuk bersama – sama tidak membuka hutan dan lahan dengan cara pembakaran. “Mari kita jaga dan lestarikan hutan,” ajak Gubernur. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya