pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Miris, Pasien RSUD Kayuagung Melahirkan di Toilet

147
×

Miris, Pasien RSUD Kayuagung Melahirkan di Toilet

Sebarkan artikel ini
LN
pemkab muba
Miris, Pasien RSUD  Kayuagung Melahirkan di Toilet
LN 30 Tahun Warga dusun I desa Sumber Deras Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

KAYUAGUNG I Warga dusun I desa Sumber Deras Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berinisial LN 30 Tahun, terpaksa harus melahirkan anak ketiganya di Toilet instalasi rawat inap perawatan kebidanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung, Minggu (26/3/2016) sekitar pukul 09.00WIB.

Alih alih mendapatkan penanganan medis secara intensif dari pihak RSUD Kayuagung atas proses persalinannya, Namun justru LN terpaksa harus melahirkan anak ketiganya seorang diri di dalam toilet.Ironisnya lagi kejadian ini baru diketahui pihak rumah sakit atau para suster jaga setelah LN menjerit minta pertolongan karena mendapati bayi yang di kandungnya telah lahir dengan sendirinya di saat ia tengah berusaha buang air besar.

LN ketika dibincangi wartawan mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika dirinya merasa hendak buang air besar dan karena tidak ada keluarga yang menemaninya, terpaksa ia nekat pergi sendiri ke WC tanpa ditemani siapapun.

“Tadi mas sekitar pukul 09.00 WIB saya merasa ingin buang air besar namun karena tidak ada yang nungguin, jadi saya paksakan pergi sendiri ke WC,” Ungkap  LN.

Setibanya di toilet lanjut LN, seperti ada sesuatu yang keluar, merasa kebingunangan LN lalu berteriak-teriak minta pertolongan, kemudian suster dan dokter langsung ke dalam. “Tetapi saya tidak tahu kalau anak saya sudah keluar,”terangnya.

Menurutnya, pagi hari sebelum melahirkan pihak rumah sakit sudah melakukan pemeriksaan dan menegaskan kalau masih belum waktunya melahirkan. “Pagi tadi sebenarnya sudah diperiksa tetapi kata dokter masih belum waktunya, tetapi saya kan sudah beberapa kali melahirkan dan cuma ini yang dirasain,” Ujarnya.

Dirinya menyesalkan kenapa ada peraturan di RSUD kayuagung bahwa suami tidak boleh menemani pasien waktu itu dirinya merasa ingin buang air besar dan karena tidak ada keluarga yang menemaninya, terpaksa ia nekat pergi sendiri ke WC tanpa ditemani siapapun. “Suami tidak boleh menemani pasien ditambahlagi dokter bilang proses lahirannya masih lama makanya suami saya pulang dahulu,”jelasnya.

Diakuinya, Dirinya masuk RSUD Kayuagung pada Sabtu (25/3/2017) sekitar pukul 13.00 WIB hasil rujukan dari Puskemas Pematang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam peristiwa tersebut baik LN maupun bayinya berhasil diselamatkan tanpa kendala apapun. Kendati begitu, Kondisi ini tak urung menimbulkan pertanyaan dan perspektif negatif dari berbagai kalangan masyarakat apakah hal tersebut terjadi lantaran faktor kelalaian dari pihak RSUD Kayuagung ataukah hanya kebetulan.

Sebab dalam peristiwa yang dialami LN ini, seharusnya tidak terjadi, Pihak RSUD kayuagung sudah barang tentu mempunyai diagnosa dan memberikan pengawasan ekstra sehingga mampu meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak inginkan.

“Kita hanya kaget mendapat kabar bahwa ternyata Liana melahirkan di dalam WC, terlepas itu kelalaian atau hanya kebetulan kita tidak mengerti,” Kata Buyadi, Kadus 1 desa Sumber Deras yang juga sekaligus salah satu keluarga LN ketika di bincangi awak media.

Terpisah, Direktur RSUD Kayuagung dr.H.Dedy Sumantri saat dikonfirmasi melalui seluler mengatakan, kita belum tahu permasalahannya kok bisa terjadi pasien melahirkan di dalam WC, Namun ketika disinggung apakah ini suatu kelalaian atau hanya kebetulan ia tidak banyak berkomentar hanya saja dirinya menegaskan kalau akan mengecek terlebih dahulu kejadiannya seperti apa.

“Saya belum bisa berkomentar, sebab akan kita cek dulu kejadiannya seperti apa,” Ujarnya Singkat. (Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *