pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Midang Hingga Cakat Stempel Warnai Libur Lebaran di OKI

76
×

Midang Hingga Cakat Stempel Warnai Libur Lebaran di OKI

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Perayaan libur lebaran ke-3 dan ke-4 di Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir berlangsung sangat meriah. Warga tumpah ruah ke pinggiran Sungai Komering untuk menyaksikan karnaval pagelaran budaya Midang Morge Siwe dan wisata air speedboat cakat stempel.

Seolah tak ingin ketinggalan momen, Pj. Bupati OKI bersama Pj. Ketua TP PKK OKI serta Forkopimda beserta istri turut merasakan langsung keseruan menikmati wisata air speedboat cakat stempel di Sungai Komering, disela-sela menyaksikan pagelaran Midang.

“Kita ingin seluruh masyarakat bergembira merayakan hari libur lebaran Idul Fitri, momen ini menjadikan kita semua bersuka cita menyambut hari kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa menahan diri dari haus dan lapar serta hawa nafsu,” ujar Asmar Wijaya usai berkesempatan mencoba wisata air cakat stempel di Sungai Komering, Sabtu (13/4/2024).

Saat mengelilingi Sungai Komering menggunakan stempel, Pj. Bupati OKI bersama Forkopimda menyempatkan diri menyapa masyarakat disepanjang aliran Sungai Komering, mulai dari Kelurahan Kedaton hingga Sukadana, terlihat warga sangat antusias tumpah ruah bergembira.

“Kita lihat masyarakat sangat antusias menyaksikan karnaval budaya Midang yang melewati pinggiran Sungai Komering, dan juga menyaksikan wisata air cakat stempel. Bahkan banyak warga yang mencoba langsung wisata air cakat stempel. Kita harapkan momen ini membawa kita ke dalam kegembiraan bersama keluarga,” sambung Asmar.

Asmar mengimbau agar masyarakat tetap tertib dalam menyaksikan Midang dan mencoba wisata air cakat stempel, agar tetap mematuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

“Kita imbau agar masyarakat tetap mengutamakan keamanan, mematuhi peraturan, jangan lupa gunakan life jacket dan tidak melebihi muatan di dalam speedboat,” jelas dia.

Untuk pelaksanaan Midang sendiri, di hari ke-4 lebaran menampilkan lima kelurahan setelah sebelumnya di hari Jumat kemarin telah tampil 6 kelurahan, sekaligus diumumkan pemenang untuk lomba cang-incang (bertutur menggunakan bahasa Kayuagung) dan pemberian apresiasi kepada seluruh kelurahan peserta Midang.

“Jadi untuk tahun ini seluruh kelurahan menjadi pemenang bersama pelaksanaan Midang, semuanya kita apresiasi. Untuk lomba cang-incang tadi, sudah kita umumkan para pemenangnya. Kita ucapkan selamat, mari kita terus lestarikan budaya asli di Kayuagung,” pungkas Pj. Bupati Asmar.

Kelurahan yang berhasil menjadi juara 1 dalam lomba cang-incang di tahun ini adalah Kelurahan Jua-jua, diikuti juara ke-2 Kelurahan Kutaraya, Juara ke-3 Kelurahan Sukadana, harapan 1 Kelurahan Paku, harapan ke-2 Kelurahan Tanjung Rancing, dan harapan ke-3 Kelurahan Cintaraja.

Seluruh kelurahan mendapatkan apresiasi sebesar Rp 1 juta ditambah Rp 500 ribu dari Pj. Bupati OKI, serta goodybag dari Bank Sumsel Babel. Untuk juara 1 cang-incang mendapat Rp 500 ribu, juara ke-2 Rp 400 ribu, juara ke-3 Rp 300 ribu, dan harapan 1, 2, 3 mendapatkan Rp 300 ribu. (Jang Mat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *