oleh

Mi Kuah Ikan Tenggiri, Kuliner Khas Bangka Cocok Saat Berbuka Puasa

BANGKA – Mi Kuah ikan tenggiri menjadi makanan khas Provinsi Bangka Belitung yang biasa digunakan untuk berbuka puasa Ramadan. Selain lezat dan bergizi, mi kuah ikan memiliki harga yang terjangkau.

Uci salah satu pedagang di Pasar Sungailiat menuturkan, salah satu menu favorit masyarakat untuk berbuka puasa selain kolak juga adalah mi kuah ikan. Panganan ini menurutnya banyak dicari oleh masyarakat.

“Setiap tahun bulan suci Ramadan, untuk berbuka memang masyarakat banyak yang mencari mi kuah ikan untuk berbuka puasa,” kata Uci.

Ia mengatakan mi kuah ikan tenggiri ini sangat cocok untuk berbuka puasa, karena lezat, bergizi dan juga harga makanan khas Bangka Belitung ini terjangkau. Harga mi kuah ikan hanya Rp12.000 per porsi.

“Ada juga yang biasa sudah dikemas seharga Rp5000. Tapi porsinya kecil.Mi kuah ikan ini tidak hanya mengenyangkan perut, tetapi juga cepat mengembalikan stamina setelah sehari penuh berpuasa,” katanya.

Deli, salah satu ibu rumah tangga menceritakan, makanan berbuka puasa di Pasar Ramadan cukup beragam. Mulai dari es kelapa, kolak, sop buah, es cendol, dan berbagai jenis makanan lainnya. Namun satu makanan yang menjadi favorit keluarga yaitu mi kuah ikan tenggiri.

“Sebenarnya di hari biasa selain Ramadan masih juga kita temukan mi kuah ikan ini. Biasanya lengkap dengan kerupuk, toge, bawang goreng dan telor sebagai pelengkap,” ucapnya.

Mi kuah ikan ujar Deli berbeda dengan mi dari daerah lain. Mi khas Bangka ini diolah dengan paduan kuah ikan tenggiri yang sangat khas.

Tekstur mi yang lembut, kemudian direbus sebentar sebelum dicampur dengan racikan bumbu rempah kuah ikan tenggiri. Rempah yang digunakan antara lain bawang putih, jahe, cengkeh, pala dan ketumbar.

Sebagimana diketahui, Provinsi Bangka Belitung juga dikenal dengan hasil laut yang melimpah. Salah satunya adalah ikan tenggiri. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya