oleh

Mengelola Sampah Jadi ‘Permata’

LAHAT – Bupati Lahat, Cik Ujang SH, mendorong agar desa-desa yang ada di Kabupaten Lahat, mampu mengola sampah menjadi permata seperti yang kini mulai dirintis Desa Manggul, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat. selain berupaya menciptakan kebersihan, Desa Manggul juga bisa menghasilkan inkam bagi desa.

“Jangan alergi dengan sampah. Kalau bisa mengelolanya bisa permata dalam menambah pendapatan. Nah, Desa Manggul sudah memulai dan ini bisa jadi contoh bagi desa-desa lainnya,” kata Cik Ujang, saat meresmikan Bank Sampah Semidang Indah Desa Manggul, Selasa (23/2/2021).

Bupati Lahat menambahkan, pengelolaan Bank Sampah yang baik memang butuh proses, perlu dukungan banyak pihak. Namun jika dijalani dengan tekun, insya allah akan menjadi lumbung rezeki bagi desa. “Sampah bukan musuh, dan jangan dijadikan musuh. Masyarakat juga harus sadar akan pentingnya mengelola sampah, agar lingkungan bersih, kesehatan tetap terjaga,” pintanya.

Sementara, Hermansyah, Kades Manggul, Kecamatan Kota Lahat menuturkan, Bank Sampah ini berdiri di lahan desa dengan luas 29×15 meter. Inisiatif dibangunnya Bank Sampah ini karena melihat, masih banyak masyarakat yang belum perduli, masih suka membuang sampah sembarangan di pinggir jalan.

“Pengelolaannya oleh Bank Sampah, tapi statusnya BUMDes. Disana sudah ada juga keuntungan untuk desa,” turur Hermansyah.

Hermansyah menjelaskan, untuk sementara pengumpulan sampah masih dari rumah ke rumah, menggunakan fasilitas bentor. Untuk pemilahan ada yang bertugas melakukan pemilahan antara sampah bernilai ekonomis, dengan sampah yang bisa dijadikan pupuk.

“Sudah jalan sekitar 3 bulan, baru di lingkungan 3 dan 4. Harapan kedepan masyarakat bisa pro aktif melakukan pengolaan sampah sejak dari rumah,” jelasnya. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya