oleh

Mendadak Heboh, di Kabupaten OKU Hampir Terjadi Pernikahan Sesama Jenis

BATURAJA | Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan mendadak heboh. Pasalnya, pernikahan sesama jenis hampir terjadi di Desa Nyiur Sayak Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU.

Adalah YN gadis berusia 15 tahun harus menelan pahitnya kegagalan pernikahan dengan sosok Kevin yang dikenalnya dari Facebook setahun yang lalu. Gagalnya pernikahan ini setelah diketahui bahwa Kevin calon mempelai laki-laki ini ternyata berjenis kelamin wanita dan beranama asli Nilin Ismaya.

Kisah tragis yang dialami gadis belia ini terungkap sehari sebelum akad nikah dilangsungkan, awalnya paman korban yang menghadiri hajatan tersebut merasa curiga dengan gerak-gerik Nilin, “Ada kerabat kami dari Baturaja yang merasa curiga ada gelagat tidak beres dari dia (pelaku red) kemudian kami melaporkan hal ini dengan Pak Kades,” Kata AR (45) ayah korban saat dibincangi di kediamannya, Minggu sore (1/9).

Dikatakan AR, anaknya benar-benar tidak tahu bahwa Nilin alias Kevin ini merupakan seorang perempuan, hal itu diketahuinya setelah Nilin dibawa ke Bidan Puskesmas setempat untuk diperiksa, hasilnya ternyata benar bahwa Nilin alias Kevin merupakan seorang perempuan.

“Rencana akad nikah yang akan dilangsungkan pada hari ini (1/9) langsung dibatalkan dan dia (pelaku red) langsung dibawa ke Polsek,” tuturnya.

Diceritakan AR, pertama Nilin datang ke rumahnya dan langsung menemuinya untuk melamar YN, kemudian dilain waktu Nilin kembali datang ke rumahnya dengan membawa seseorang yang diakuinya sebagai orang tuanya, pada pertemuan itu ditentukan hari dan tanggal akad nikah. “Ternyata orang yang dibawa yang diakui sebagai orang tuanya merupakan orang yang sengaja ia bayar untuk menjadi orang tuanya,” ungkapnya.

Atas kejadian ini keluarga besarnya merasa malu dan sangat kecewa, bahkan menurutnya anak gadisnya mengalami trauma dan syok berat, karena acara pernikahan itu sudah disiapkan dari jauh hari, undangan telah disebar dan tenda telah dipasang untuk menggelar hajatan. “Sudah ada perdamaian antara kami dengan keluarganya,” tandasnya.

Rasa kekecewaan YN tak dapat disembunyikan, sambil menangis ia mengungkapkan kekecewaannya, “saya merasa sakit hati,”lirihnya.

Sementara Itu Kades Nyiur Sayak Yulnada Arba’i membenarkan kejadian tersebut, menurutnya kejadian itu berawal dengan adanya laporan dari warganya, kemudian dia meminta kepada pelaku  ke puskesmas dengan alasan untuk cek kesehatan sebelum akad nikah. Setelah diperiksa ternyata benar bahwa pelaku merupakan perempuan.

“Untuk akad nikahnya secara administratif belum bisa kita lakukan pencatataan sebab YN ini masih dibawah umur, namun dengan adanya kejadian ini pihak pemerintah Desa turun tangan dan pelaku langsung di bawa kepolsek untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, tapi kasus ini sudah damai,” tukasnya.

Terpisah Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Semidang Aji Iptu Bastari membenarkan telah mengamankan Nilin alias Kevin, “Setelah kita menerima laporan anggota langsung mejemput sdr Nilin untuk diamankan,” katanya.

Kemudian setelah menjalani pemeriksaan ternyata benar Nilin alias Kevin ini merupakan perempuan, “Kemudian terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak untuk tidak melanjutkan permasalahan ini kejalur hukum,” tandasnya. (Redo)

Komentar

Berita Lainnya