oleh

Melalui Program PISEW Dermaga untuk Wisata di Taman Desa Kurau Diresmikan

BANGKATENGAH | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dengan membangun dermaga untum wisata di Desa Kurau Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Salah satunya adalah Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) 2019 yang dilakukan PUPR Cipta Karya Bangka Belitung untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

“Pembangunan infrastruktur bersinergi pemerintah pusat (kementerian PUPR), provinsi dan daerah dalam pembangunan infrastruktur yang menopang kehidupan masyarakat dan menciptakan masyarakat unggul serta manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat seperti telah dibangunnya dermaga tempat wisata di desa Kurau ini,” kata Mierka Risdawati, Kepala Balai Prasana Pemukiman Wilayah Bangka Belitung saat menghadiri peresmian dermaga, Selasa (20/8/2019).

Dalam momentum bahagia itu, Mierka Risdawati juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah dan Kecamatan Koba, yang telah berkenan mengundang dalam acara istimewa ini.

“Berdasarkan info yang kami dapat, pada acara hari ini juga akan diresmikan infrastruktur yang terbangun melalui Dana PISEW 2019 yang secara simbolis dilaksanakan di tempat ini pada kegiatan pembangunan dermaga untuk wisata di Taman Desa Kurau Kecamatan Koba,”ujarnya.

Selaku Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bangka Belitung yang mewakili Kementerian PU-PR Direktorat Jendral Cipta Karya, Mierka Risdawati memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemerintah Kabupaten Bangka Tengah serta masyarakat di wilayah Kecamatan Koba yang telah memberikan dukungan yang sangat besar terkait Program PISEW, sehingga kegiatan PISEW di Kabupaten Bangka Tengah umumnya dan Kecamatan Koba khususnya dapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat hal ini membuktikan bahwa Program PISEW telah bersinergi dengan pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah umumnya dan Kecamatan Koba khususnya.

“Kami juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN dari Universitas Bangka Belitung dan Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang telah sukarela, bergotong-royong bersama masyarakat memberikan nuansa dalam pembangunan dermaga ini, sehingga Dermaga yang dibangun oleh masyarakat melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Koba melalui Dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Menjadi lebih indah dan cantik,” ungkapnya.

Dikatakan Mierka Risdawati, dirinya berharap pembangunan dermaga dapat menunjang pengembangan potensi wisata di Desa Kurau sehingga dapat memancing para wisatawan baik domestik maupun luar negeri untuk datang ke bumi serumpun sebalai ini sehingga Kepulauan Bangka Belitung semakin terkenal dengan harapan meningkatnya pendapatan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan pekerjaan sesuai dengan harapan pemerintah Republik Indonesia yang kita cintai

“Kami mengucapkan selamat kepada Kecamatan Koba yang telah menjadi Kecamatan Layak Anak yang sebentar lagi akan dicanangkan oleh Bapak Bupati, semoga dengan dicanangkannya Kecamatan Koba sebagai Kecamatan Layak Anak,  Anak-anak kita dapat tumbuh dengan baik, layak pendidikan, Layak Lingkungan, layak bermain serta mendapat kelayakan dari berbagai Aspek Kehidupan,  sehingga dapat menjadi generasi yang tangguh, unggul, berprestasi, inovasi  dan dapat memberikan sumbangsih yang besar terhadap pembangunan dan kemajuan negara kita,” harapnya.

Terakhir Mierka Risdwati menitipkan pesan kepada masyarakat Desa kurau, agar infrastruktur yang dibangun melalui Program PISEW ataupun program-program sejenis lainnya dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai infrastruktur yang dibangun Jangan sampai infrastruktur yang dibangun ini hanya menjadi monumen yang dibangun berdasarkan keinginan. Tapi infrastruktur yang dibangun merupakan kebutuhan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat besar harapan kami agar dermaga ini dapat lestari dan dapat dikembangkan pengembangan dan pengelolaannya baik melalui program-program sejenis PISEW ataupun melalui Proyek APBD 1 dan APBD 2,” tutupnya.

Acara peresmian Dermaga di Taman Desa Kurau dihadiri Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM , Rektor Universitas Bangka Belitung, Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta, Para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah, Para Camat di wilayah kabupaten Bangka Tengah, Para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah dan tokoh masyarakat. (Doni)

Komentar

Berita Lainnya