oleh

Media Center Kominfo Palembang Masuk 10 Besar Terbaik Nasional 2019

PALEMBANG – Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (MC Kominfo) Kota Palembang meraih peringkat enam dari 10 besar MC Daerah Terbaik 2019 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia. Hal ini mengemuka dalam video conference melalui platform zoom cloud meeting, Rabu (22/7/2020).

Pengumuman pemenang penghargaan dilaksanakan satu rangkaian dengan acara webinar secara daring (online) bertajuk ‘Media Center Sebagai Humas Pemerintah’ yang secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo RI, Widodo Muktiyo.

Kemenkomnfo RI, melalui Direktorat Jenderal IKP, setiap tahun memberikan apresiasi kepada MC di daerah baik provinsi, kabupaten, kota yang aktif dalam mengirimkan berita maupun foto. Berita atau foto yang layak akan ditampilkan di situs resmi Dirjen IKP; www.infopublik.id.

Ada tiga kriteria penilaian dalam hal ini. Pertama, aspek kontribusi atau sumbangan berita, sepanjang Januari-Desember 2019. Kedua, aspek orisinalitas atau keaslian berita yang dikirim ke portal www.infopublik.id. Dan Ketiga, komunikasi dan koordinasi yang intensif dengan media Info Publik.

Asisten I Setda Kota Palembang, Faizal AR, yang menghadiri zoom meeting itu, mengapresiasi kinerja MC Kominfo Palembang. “Kita berikan apresiasi, karena MC Palembang menyebarluaskan informasi yang positif bagi pembangunan di Palembang,” ujar Faizal, diwawancarai di Lawang Jabo Command Center, Setda Palembang.

Ia juga mengharapkan informasi yang disajikan MC Kominfo Palembang akurat, konstruktif dan bermanfaat bagi publik. Faizal juga mengharapkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Palembang bersinergi dan bekerja sama dengan Dinas Kominfo Palembang dalam penyebarluasan informasi ke masyarakat.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kominfo Palembang, Edison melalui Pelaksana tugas (Plt) Sekdin Kominfo Palembang, Adi Zahri mengatakan, penghargaan yang diraih ini karena komitmen dan dukungan Pemerintah Kota Palembang. Yang lebih membanggakan lagi, bahwa Palembang adalah satu-satunya daerah (kabupaten/kota) di Sumsel yang meraih penghargaan ini.

“Prestasi ini tidak mudah diraih. Ada ratusan media center (261 media center, red) di Indonesia. Alhamdulillah, MC Palembang masuk 10 besar, di mana terakhir kali kita meraih penghargaan ini tahun 2017. Karena itu, prestasi ini patut disyukuri dan dijadikan motivasi untuk lebih baik ke depannya,” ujar Haryadi.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Haryadi Alfat merasa bangga, tim MC Kominfo Palembang kembali dapat berkontribusi yang besar mengharaumkan nama Palembang ditingkat nasional. “Ini menjadi semangat kita untuk kerja lebih baik lagi, untuk memberitakan pembangunan di Kota Palembang,” ungkapnya.

Sedangkan, Kepala Seksi Media Center pada Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Palembang, Febriansyah, mengatakan, keberhasilan ini adalah kerja keras semua tim MC Kominfo dan dukungan serta arahan dari pimpinan. “Ke depan, kita berharap MC Kominfo dapat mempertahankan prestasi ini, serta terus meningkat kinerjanya dalam penyebarluasan informasi ke masyarakat,” ujarnya.

Febriansyah mengatakan, MC Kominfo Palembang masuk 10 besar (peringkat enam) media center terbaik daerah karena dinilai berkontribusi aktif dalam pembuatan konten berita dan foto pada portal berita InfoPublik selama tahun 2019. Setiap hari, ujar Febriansyah, Media Center Palembang mengirim minimal 4 berita ke redaksi InfoPublik.

Konten berita yang dikirim, antara lain tentang kebijakan pembangunan Pemkot Palembang, potensi daerah dan berita lainnya yang konstruktif terkait kebijakan publik di Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan ini. “Berita itu disaring redaksi InfoPublik. Jika dinilai layak langsung diterbitkan di situs resmi mereka,” kata Febriansyah. (Alam)

Komentar

Berita Lainnya