pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Masyarakat Merapi Area Bersuara Melawan Debu Batu Bara demi Lingkungan Sehat

355
×

Masyarakat Merapi Area Bersuara Melawan Debu Batu Bara demi Lingkungan Sehat

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Pemuda Merapi Area telah mengadakan aksi untuk meningkatkan kesadaran akan kerusakan ekologis yang terjadi di daerah mereka. Dengan tema “Merdekakan Kami Dari Debu Batu Bara, Kembalikan Hak Kami Atas Lingkungan yang Sehat dan Bersih yang Telah Dirampas,” aksi ini diadakan di Desa Muara Maung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Ketua Pelaksana, Reza Yuliana, mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyuarakan penderitaan yang tengah dialami oleh masyarakat Merapi Area.

Ia menegaskan bahwa kualitas udara di wilayah ini telah semakin memburuk sejak pertambangan batu bara dimulai pada tahun 2009. Selama 14 tahun operasinya, perusahaan tambang batu bara di Merapi Barat telah menghasilkan debu yang meresahkan, mempengaruhi lingkungan dan kesehatan penduduk setempat.

Masyarakat setempat, termasuk Sumhayana telah berjuang melawan dampak negatif pertambangan batu bara di daerah ini.

Mereka menuntut lingkungan yang bersih dan sehat serta peningkatan kualitas udara. Harapan mereka adalah agar kendaraan angkutan batu bara tidak lagi melintas di jalan raya, dan pihak berwenang, terutama Bupati Lahat, diharapkan untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam menangani persoalan debu batu bara yang telah mengganggu kesejahteraan masyarakat.

Dampak buruk dari pertambangan batu bara, termasuk dampak lingkungan dan kesehatan, menjadi sorotan dalam aksi ini. Para pemuda dan masyarakat setempat berharap agar langkah-langkah tegas diambil untuk mengatasi permasalahan ini, sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *