pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Masyarakat di Kelurahan Tanjung Rancing Dapat Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

35
×

Masyarakat di Kelurahan Tanjung Rancing Dapat Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

Sebarkan artikel ini
IMG-20201026-WA0039
pemkab muba

OGAN KOMERING ILIR – Puluhan warga Kelurahan, Tanjung Rancing, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendapatkan pelatihan pemulasaraan jenazah, Senin (26/10/2020).

Lurah Tanjung Rancing, Mat Hasan mengatakan, pada pelatihan ini sedikitnya diikuti oleh 20 warga yang tergabung dari setiap RT dan lingkungan. Menurutnya, kegiatan seperti ini baru pertama kali digelar dan sengaja dilakukan agar nantinya mempermudah masyarakat untuk mengurus jenazah.

“Kami akan lakukan tahun depan untuk pelatihan isolatir listrik bagi remaja karrna tiap tahun jenis pelatihan akan berbeda,” katanya.

Menurutnya, program ini rencananya berkemungkinan akan dilanjutkan di tiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten OKI. “Mengurus jenazah bukan perkara gampang kalau salah maka akan berdosa untuk itu semua yang ikut pelatihan selama 4 hari ke depan harus bisa mempraktikkannya di lapangan,” ujarnya.

Terpisah, Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Kelurahan Tanjung Rancing, Harnizun mengatakan, semua peserta akan diajarkan mulai dari memandikan, mengafani, mensolatkan hingga menguburkan jenazah. “Akan banyak praktek yang dilakukan semua peserta,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini nantinya setiap RT maupun lingkungan akan ada kesamaan dalam pelaksanaannya di mana selama ini terkadang masih ada perbedaan soal pemulasaraan jenazah. “Karenanya disiapkan ini jika nanti sewaktu-waktu pihak keluarga yang mengalami musibah kematian meminta bantuan untuk pengurusan jenazah, mereka siap membantu,” tandasnya. (Jangmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *