oleh

LKPI Rilis Hasil Survei Pilkada Musirawas, H2G-Mulya Ungguli Pesaingnya

MUSIRAWAS – Lembaga Kajian Publik Independent (LKPI) merilis hasil survei Pilkada Kabupaten Musirawas 2020. Hasilnya, pasangan H Hendra Gunawan – Mulya lebih unggul dari pasangan lainnya dengan perolehan mencapai 60,7 persen sedangkan sang rival mendapat poling sebesar 29,8 persen.

“Untuk pilkada Mura, dua paslon bertarung antara paslon nomor 1 Ratna-Suwarti dan paslon 2 H2G-Mulya. Dari hasil survey, untuk simulasi sementara dengan simple kertas suara, didapatkan elektabilitas paslon 2 H2G-Mulya 60, 7 persen. Sedangkan paslon 1 Ratna-Suwarti hanya 29,8 persem. Kemudian ada sekitar, 9,5 persen belum menentukan pilihanya,” ujar Direktur LKPI Arianto dalam keterangan press rilis  surve LKP berlasung di Hotel Santika Palembang, Minggu (15/11/2020) siang.

Dikatakan Arianto, potensi kemenangan paslon nomor urut 2 H2G-Mulya dinilai dari hasil capaian kenerja cabup H. Hendra Gunawan akrab disapa H2G, maupun hasil tatap muka dengan mendatangi langsung warga, guna mengentahui apa yang dikehendaki warganya di lima tahun ke depan.

“Prediksi berpeluangnya paslon 2 H2G-Mulya, bisa dilihat dari awal dirinya ingin maju kembali. Dilanjutkan, antusias dukungan warga diberbagai wilayah ketika diriinya melasungkan silahturahmi kampanye dialogis,” bebernya.

Lebih lanjut Arianto membeberkan dari hasil surve  lembaga yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini. Adanya kinerja yang baik dari H2G merupakan bukti  kepercayaan masyarakat terhadap H2G-MULYANA.

“Sementara yang menjadi tolak ukur, warga menjatuhkan pilihanya kepada H2G-Mulya bisa terlihat hasil Surve kepuasan masyarakat yakni masyarakat sangat puas (6 %), puas (65 %), tidak puas (27 %), tidak puas sama sekali (0,4 %) dan tidak tahu/rahasia (1,6%). Efek dari kinerja yang baik tergambar dari tingginya elektabiitas H2G-Mulya,” tandasnya.

Selain itu, lanjut mantan auditor konvensi survei calon presiden partai Demokrat ini, masyarakat juga beralasan memilih H2G-MULYANA karena sudah ada bukti hasil kerja yang nyata dan orangnya perhatian pada rakyat serta  bisa membawa perubahan  yang lebih baik untuk  kabupaten Musirawas.

“Alasan bisa membawa perubahan yang lebih baik dari sebelumnya sebagai kabupaten yang berstatus tertinggal menjadi status tidak tertinggal secara nasional  merupakan prestasi yang diakui masyarakat. Suara H2G-MULYANA adalah suara kepercayaan masyarakat Musirawas,” bebernya

Sementar itu, untuk tingkat popularitas (kedikenalan) dan akseptabilitas (kedisukaan) dari masing-masing nama adalah sebagai berikut. H.Hendra Gunawan, popularitas (99 %)  dan akseptabilitas (96 %). Hj. Suwarti popularitas ( 87 %) dan akseptabilitas ( 78 %). Hj Ratna Machmud  popularitas ( 86 %) dan akseptabilitas ( 80 %). Hj. Mulyana (  64 %) dan akseptabilitas (63 %).

“Pilkada menyisahkan waktu satu bulan lagi. Masyarakat sudah punya pilihan masing-masing dan yang belum menentukan pilihan sudah sangat kecil. Sulit untuk terjadi perubahan yang signifikan melihat rentan waktu pilkada yang semakin dekat,” tandasya.

Tingkat kemantapan pilihan pada masing-masing paslon  mayoritas sudah cukup kuat  yakni diatas 68 %. Dari parameter survei yang kita ukur, mayoritas sudah dipenuhi H2G-MULYANA untuk memenangkan kontestasi pilkada kabupaten Musirawas  9 Desember 2020,” pungkas lelang biasa disapa dengan nama Iyan ini dengan lantang.

Survei LKPI dilakukan 2-8 Nopember 2020 dengan jumlah sample  420 responden (42 desa/kelurahan) ) tersebar di 14 kecamatan di kabupaten Musirawas. Metode yang digunakan Stratified Multistage Rrandom Sampling dengan marjin of error +/- 5 % dan tingkat kepercayaan 95 %. Wawancara dilakukan tatap muka dengan melibatkan mahasiswa yang berasal dari Palembang,” tukasnya. (NURDIN)

Komentar

Berita Lainnya