oleh

Letjen TNI Joni Supriyanto Buka Kejuaraan Menembak Danlanal Babel Cup 2022

BELINYU | Ketua Perbakin Pusat Letjen TNI Joni Supriyanto secara resmi membuka kejuaraan menembak Danlanal Babel Cup 2022 Sabtu (12/2/2022) di lapangan Tembak Aku Manggala Bhakti Lanal Babel di Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Kejuaraan menembak dengan total  hadiah Rp 170 juta  ini diikuti ratusan penembak dari Lanal Babel sebagai tuan rumah, Polres Bangka, Polres Bangka Barat, Kodim 0413/Bangka, Brimob, KSOP, PT Timah, Rajawali Bangka (Raka) FC dan bahkan ada peserta yang datang dari Jakarta.

Adapun nomor yang dilombakan antara lain Senapan beregu, pistol presisi perorangan, pistol presisi beregu, pistol reaksi non IPSC, pistol reaksi IPSC yang terbagi dalam beberapa kelas.

Sedangkan juri setiap nomor perlombaan didatangkan langsung dari Perbakin Palembang.

Kegiatan juga dihadiri Gubernur Provinsi Babel,  Erzaldi Rosman, Danlanal Babel Kolonel Laut P Fajar Hernawan beserta unsur Forkopimda.

Dalam pertandingan eksibisi itu, orang nomor satu di Babel itu tak terlihat canggung meskipun harus melawan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Joni Supriyanto dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel.

Bahkan beberapa tembakan yang dilontarkan Gubernur berhasil mengenai target sasaran yang dipasang.

Namun demikian, ia harus mengakui keunggulan Ketua Umum Perbakin yang sekaligus Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI tersebut, karena lebih banyak mengenai target sasaran.

Hingga akhir pertandingan, Letjen Joni Supriyanto berhasil menjuarai dan memborong piala dalam dua kategori sekaligus yaitu Pistol Presisi dan Dualling Plat.

Sebelumnya, Gubernur yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Perbakin Babel dalam sambutannya, menyampaikan akan pentingnya latihan dan kompetisi untuk meningkatkan prestasi para atlet khususnya cabang olahraga menembak.

“Dalam upaya untuk meningkatkan prestasi para atlet menembak, disamping latihan rutin, juga harus sering mengikuti kompetisi atau kejuaraan” jelasnya.

Oleh sebab itu, Gubernur mengapresiasi diadakannya Kejuaraan Menembak Danlanal Babel Cup 2022.

Ditambahkannya bahwa pada bulan maret ini juga akan dilaksanakan Kejuaraan Danlanud Cup serta Kejuaraan Internasional di Bangka Belitung.

“InsyaAllah bulan depan akan diadakan Kejuaraan Danlanud Cup dan Kejuaraan Internasional Long Range Event yang akan diikuti oleh para penembak nasional maupun internasional” ungkapnya.

Gubernur berharap dengan adanya berbagai kejuaraan dan kompetisi baik tingkat regional, nasional maupun internasional akan memberikan ruang bagi atlet tembak untuk meningkatkan prestasinya sehingga mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu kejuaraan tersebut akan dikolaborasikan dengan event pariwisata.

“Seperti saat ajang PON XX Papua kemarin, cabang olahraga yang mampu meraih medali emas di Babel adalah cabang olahraga menembak,” jelasnya.

Bersama Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Gubernur juga melakukan tembakan pertama sebagai tanda dimulainya kejuaraan.

Senada dengan Gubernur, Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto juga membenarkan bahwa latihan dan pertandingan penting dilaksanakan untuk mendongkrak prestasi.

“Latihan terbaik adalah bertanding. Oleh sebab itu berbagai kejuaraan dan kompetisi penting untuk dilakukan,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa cabang menembak adalah cabang olahraga yang sering mendapatkan medali emas diberbagai ajang, setelah cabang renang dan atletik.
Selain bersilaturahmi dan menambah relasi, Kejuaraan Danlanal Babel Cup ini juga dijadikan sebagai ajang memantau para atlet untuk diangkat pada tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi maupun nasional.

Ajang Kejuaraan Menembak Danlanal Babel Cup 2022 seperti yang dilaporkan oleh Danlanal Babel, Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, selain nomor Pistol Eksekutif yang diikuti oleh Gubernur, juga dikompetisikan jenis ketangkasan menembak Kelas Senapan Laras, International Practical Shooting Confederation (IPSC) dan non IPSC, serta Reaksi baik perorangan maupun beregu, yang diikuti oleh penembak dari Babel hingga luar daerah.

Sementara Kolonel Laut P Fajar Hernawan mengatakan kejuaraan menembak Danlanal Babel Cup merupakan kegiatan dan agenda rutin dari Lanal Babel. Selain merupakan ajang silaturahmi juga untuk memberikan tempat para penembak unjuk kebolehan.

“Mengingat ini agenda rutin Lanal Babel tentunya akan terus diupayakan terlaksana setiap tahunnya,” kata Kolonel Laut P Fajar Hernawan. (doni)

Komentar

Berita Lainnya